Diet Paleo Vs Diet Atkins, Mana Yang Paling Cocok Untuk Kamu?

Sudah cukup lama diet Paleo dikenal banyak orang. Bahkan awal 2011, diet Paleo telah banyak mendapat tanggapan dari para pelaku diet karena kelebihannya yakni mengutamakan pemilihan menu alami seperti makanan nenek moyang atau para leluhur kita dimana mereka mengkonsumsi makanan alami  dan utuh. Nah kali ini kita akan membedakan antara diet Paleo dan diet Atkins, kira – kira mana sih yang cocok buat Anda?

diet paleo vs atkins

Kedua metode diet tersebut terlihat sangat mirip namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata ditemukan jika kedua metode diet tersebut benar-benar berbeda. Perbedaan yang paling mencolok adalah diet Atkins memiliki 4 fase.

Diet Atkins memiliki fase atau tahap 1 (Induksi). Tahap ini merupakan tahap yang paling ketat dan akan berlanjut ke fase 4 (Lifetime Maintenance) dimana pada tahap ini merupakan tahap yang lebih leluasa atau tahap yang paling tidak terlalu membatasi menu makanan.

Untuk diet Paleo tidak terdapat fase dalam metodenya, hanya beberapa modifikasi bagi beberapa orang terutama para atlet, penderita penyakit auto-imun ataupun para pelaku diet. Namun, intinya semua orang mengikuti panduan pola diet Paleo yang sama.

Diet Paleo vs Diet Atkins

Beberapa perbedaan dalam hal asupan makanan antara diet Paleo dan Atkins :

Karbohidrat : Rendah – sedang tergantung pada tujuan Anda (untuk diet Paleo) vs rendah pada fase 1 dan sedang untuk fase 4 (diet Atkins)

Protein : Sedang (diet Paleo) vs sedang (diet Atkins)

Lemak : Sedang – tinggi (Paleo) vs tinggi (Atkins)

paleo dan atkins bagus mana

Diet Paleo menganjurkan bagi Anda semua untuk lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah organik. Sedangkan diet Atkins menganjurkan untuk mengkonsumsi sayuran namun tidak menganjurkan konsumsi buah sampai fase 2.

Diet Paleo menekankan lebih banyak mengkonsumsi sayuran, bebas hormon serta daging tanpa pengawet. Untuk diet Atkins tidak terlalu membatasi jenis atau cara mengolah daging seperti diet Paleo. Kesamaan dari kedua metode diet ini adalah sama – sama menganjurkan untuk konsumsi telur dan ikan.

Jenis lemak yang direkomendasikan dari metode diet Paleo dan Atkins berbeda. Diet Paleo menekankan lemak jenuh seperti mentega, kelapa, mentega yang diawetkan dan juga sayuran serta beberapa jenis minyak seperti minyak zaitun dan minyak dari kacang ataupun biji. Minyak yang tidak boleh dikonsumsi dalam metode diet Paleo adalah minyak nabati contohnya canola, grapeseed, soybean, minyak biji matahari, dan safflower.

Untuk diet Atkins lebih menganjurkan untuk mengkonsumsi minyak nabati misalnya dari bahan mentega.

Susu pada umumnya tidak diizinkan dalam metode diet Paleo namun untuk keju diperbolehkan terutama pada fase 1 dan konsumsi krim berat pada fase 2 untuk diet Atkins.

Apakah fase diet Atkins ini membingungkan Anda?

Diet Paleo memang tidak memiliki tahapan atau fase dalam metode dietnya. Sedangkan diet Atkins memungkinkan Anda melanjutkan fase diet yakni fase 3 dan 4.

Apakah boleh kita mengkonsumsi kacang polong?

Diet Paleo tidak menganjurkan konsumsi kacang polong sedangkan diet Atkins dapat mengkonsumsi kacang polong yakni pada tahap fase 3 dan 4.

Bagaimana dengan konsumsi gula dan pemanis buatan?

Untuk diet Paleo melarang konsumsi gula serta pemanis, sedangkan diet Atkins tetap diijinkan.

Lalu diet apa yang tepat untuk Anda?

Tentu jawabannya adalah tergantung dari tujuan Anda.

Apakah Anda hanya ingin mencoba menurunkan berat badan saja ataukah Anda tertarik untuk menyembuhkan ataupun mengoptimalkan sistem pencernaan Anda. Atau bertujuan meningkatkan kinerja tubuh terkait dengan kekuatan tubuh untuk kepentingan pembentukan otot tubuh, semua ini tergantung dari tujuan Anda masing – masing.

Kesimpulan :

Intinya adalah bahwa tidak ada satu metode diet yang akan berdampak sama untuk setiap orang. Masing-masing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Yang perlu kita lakukan adalah membuat jurnal makan sesuai dengan kebutuhan kalori dan nutrisi bagi tubuh. Agar tidak membosankan, sebaiknya membuat variasi menu diet Paleo maupun Atkins. Lakukan juga olah raga dan istirahat yang cukup serta penuhi kebutuhan konsumsi air putih untuk tubuh.

Related For Diet Paleo Vs Diet Atkins, Mana Yang Paling Cocok Untuk Kamu?