Tips Diet Dengan Puasa 3 Hari Yang Aman & Sehat

Diet dengan puasa 3 hari bisa menjadi alternatif Anda untuk menurunkan berat badan secara aman dan sehat. Memang, puasa dilakukan untuk mempertebal iman dan menambah pahala terutama umat muslim yang menjalankan ibadah puasa sunah. Sedangkan ibadah puasa wajib yakni pada bulan Ramadhan. Yap sebentar lagi umat muslim diseluruh dunia dan pembaca Tipsdietsmart.com akan menjalankan puasa Ramadhan 2018.

Diet dengan puasa 3 hari

Diet puasa 3 hari Tipsdietsmart.com | Credit Pixabay.com

Nah, bagi pembaca Tipsdietsmart.com yang menginginkan berat badan turun dalam 3 hari dengan puasa, maka tips berikut ini mungkin akan berguna bagi Anda semua.

Seperti yang telah dibuktikan oleh Septi Liana (23), ia telah berhasil menurunkan berat badan dengan puasa 3 hari dalam seminggu, seperti dikutip dari health.Detik.com.

Ia berhasil menurunkan berat badan 8 kg dengan melakukan puasa 3 hari dalam seminggu. Ia melakukan puasa hari senin, kamis dan sabtu. Dan yang paling penting adalah ia hanya perlu 7 minggu saja untuk menurunkan berat badan 8 kg lho! Tentu cara diet ini membuat sobat Tipsdietsmart semua penasaran bukan?!

Tips diet puasa 3 hari dalam 7 minggu

Diet puasa 3 hari

Diet puasa 3 hari Tipsdietsmart.com | Credit Pixabay.com

Meskipun Anda bisa menurunkan berat badan hanya beberapa minggu dengan puasa ini, namun tentunya tidak terbatas dalam melakukan puasa 3 hari dalam seminggu.

Dengan puasa secara rutin, kita juga akan mendapatkan pahala yang besar. Jadi bisa Anda niatkan terlebih dahulu dalam hati Anda untuk berpuasa dengan niat mendapatkan amal ibadah. Mengenai berat badan turun dengan puasa tersebut, anggap saja sebagi bonus, iya kan?!

Berikut tips diet dengan puasa 3 hari yang bisa Anda lakukan dalam beberapa minggu sesuai kebutuhan.

Menentukan menu buka puasa & sahur

Untuk puasa, biasanya umat muslim akan sahur terlebih dahulu dan nantinya di tutup dengan hidangan buka puasa.

Disini sangat disarankan untuk berbuka dengan makanan yang sehat, tidak mengandung lemak jahat serta menghindari gorengan. Karena tidak sedikit menu pembuka dalam buka puasa kita sering menikmati gorengan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi nasi. Nah,sebaiknya gorengan kita hindari ya.

Selain itu, kita hindari juga minuman berkalori tinggi seperti es, sirup dan minuman bersoda. Sebaiknya kita minum teh manis saja, dengan gula non kalori. Perlu kita ketahui bersama, minuman bersoda, es dan sirup mengandung kalori yang tinggi dan sebaiknya kita hindari.

Baca dulu:

Sahur dengan menu yang mengenyangkan

Dalam menjalankan ibadah puasa terutama puasa sunah dalam seminggu, kita bisa memilih menu sahur yang menyehatkan. Menu sahur apa saja itu? Yang jelas menu yang memberikan kebutuhan asupan gizi yang mencukupi bagi tubuh.

Menu diet puasa 3 hari

Diet puasa 3 hari Tipsdietsmart.com | Credit Pixabay.com

Kita bisa memulai dengan sayur yang di tumis, dengan ikan asin atau ikan bakar. Selain itu kita juga bisa mengkonsumsi daging ayam atau telur rebus sebagai asupan protein yang yang tinggi. Untuk minuman, kita bisa minum teh manis dengan gula non fat.

Tetap lakukan olahraga

Saat menjalankan ibadah puasa, tidak sedikit dari kita yang malas melakukan olahraga. Yup, dengan melakukan puasa 3 hari dalam seminggu jika Anda benar – benar malas dalam melakukan olahraga saat menjalankan puasa, Anda bisa menyiasati dengan olahraga dilain hari puasa Anda.

Olahraga akan membantu membakar lemak dan kalori dalam tubuh secara cepat. Ini juga dilakukan oleh Septi Liana.

Sebenarnya, tidak ada tips khusus dari Septi Liana dalam melakukan diet dengan puasa selama 3 hari yang ia lakukan. Namun dapat Tipsdietsmart simpulkan, bahwa untuk menurunkan berat badan dengan puasa 3 hari dalam seminggu, kita harus mengendalikan makan kita terutama saat berbuka puasa.

Karena biasanya saat buka puasa, rasa lapar membuat kita tidak bisa mengendalikan nafsu makan kita. Untuk itu, sebaiknya sebelum berbuka dengan makanan, kita minum air putih atau teh hangat yang cukup sebagai awal dari berbuka puasa. Ini agar menekan keinginan Anda untuk makan secara membabi buta.

Kesimpulan diet dengan puasa 3 hari:

  1. Minum air putih atau teh manis non kalori sebelum berbuka.
  2. Tidak mengkonsumsi es, sirup, soda saat berbuka puasa.
  3. Penuhi kebutuhan gizi dalam menu makan sahur dan buka puasa.
  4. Hindari makanan berlemak, berminyak (gorengan) dan berkalori tinggi.
  5. Lakukan olahraga minimal 2 kali dalam seminggu.

Baca juga:

  1. Diet Ketat 3 Hari: Cara Diet Cepat Kurus Dalam 3 Hari Saja!
  2. Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg Dalam 1 Minggu Dengan Aman
  3. 8 Tips Diet Saat Bulan Puasa Ini Dapat Turunkan Berat Badan!

Itulah beberapa tips diet dengan puasa 3 hari dalam seminggu. Untuk tips diet lainnya, Anda bisa membaca artikel lainnya di Tipsdietsmart.com ini. Jika bermanfaat silahkan share ke sosmed Anda ya, selamat menjalakan ibadah puasa bagi yang menjalankan, semoga diberi kesehatan dan umur barokah bagi Anda semua.