Diet Ala Deddy Corbuzier Bikin Sehat dan Awet Muda? Ini Penjelasannya!

Diet ala Deddy Corbuzier menjadi salah satu metode diet yang paling kontroversial. Metode diet OCD ini banyak mendapat kritikan baik dari masyarakat, ahli gizi dan para olah ragawan. Cara menurunkan berat badan ala Deddy Corbuzier ini bermula dari perkenalan Deddy dengan supir taxi di Hongkong saat ia akan mengambil sertifikat bela diri.

Diet Ala Deddy Corbuzier

Singkat kata, Deddy Corbuzier takjub dengan si supir taksi yang memiliki usia 70 tahunan namun terlihat seperti pria yang berusia 40 tahunan, terlihat jauh lebih muda! Supir taxi pun mengungkapkan bahwa ia melakukan suatu pola hidup sehat dengan cara puasa.

Puasa sendiri merupakan cara lama yang telah dilakukan nenek moyang kita. Cara untuk mendapatkan kebutuhan rohani masing – masing individu menurut kepercayaan agama masing – masing dan memiliki manfaat dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Hampir disemua agama mengajarkan puasa. Pada agama islam, telah dikenal dengan puasa Nabi Daud. Puasa Nabi Dawud adalah puasa yang populer selain puasa Ramadhan. Puasa ini juga merupakan puasa sunah yang paling dianjurkan di dalam agama islam.

Nabi Daud adalah nabi yang memiliki ketrampilan berperang dan telah mengalahkan Goliath.  Puasa Nabi Daud sendiri dilakukan dengan cara 1 hari puasa dan 1 hari tidak.

Dalam agama Budha dikenal dengan Theravada. Tradisi dalam agama Budha yakni menjauhkan diri dari makan makanan tertentu dalan jangka waktu tertentu. Dalam menjalankan puasa ala biksu tersebut, maka tidak makan dari siang hari sampai dengan matahari terbit di hari berikutnya.

Jadi Diet ala Deddy Corbuzier ini bukan merupakan cara baru dalam menjaga berat badan dan kesehatan tubuh. Cara ini merupakan cara yang sudah dilakukan oleh orang – orang terdahulu.

Dasar ilmu diet Deddy Corbuzier

Dalam waktu 3 sampai dengan 4 jam setelah makan, kita akan mengalami penurunan jumlah insulin atau dikenal dengan kondisi postabsorbtive. Kondisi ini merupakan kondisi dimana energi mulai ada dan siap dipakai oleh tubuh.

Beberapa organ yang terlibat dan berperan di dalam proses diet ala Deddy Corbuzier seperti hati yang merupakan sumber utama penyedia glikogen dimana bukan berasal dari otot namun lemak yang ada, kecuali Anda berolah raga dengan keras atau Anda hanya memiliki kadar lemak kurang dari 7%.

Dengan berpuasa, maka insulin akan turun sehingga terjadi peningkatan lipolysis yakni pembebasan lemak untuk menjadikan sebagai energi. Selain lemak, beberapa sumber non karbohidrat yang akan dikonversi menjadi glukosa dan diubah menjadi energi adalah asam amino dan gliserol.

Melakukan puasa dalam waktu tertentu juga akan meningkatkan hormon lipolitik, seperti hormon pertumbuhan (GH) sehingga akan membuat lebih sensitif di dalam memproses lemak menjadi energi.

Contoh : Sewaktu kita tidur dan sebelumnya kita tidak makan malam, maka hati akan memproses glikogen ke otak dengan glukosa hog serta membuat lemak akan terbakar.

Kejadian ini akan berlangsung selama 3 hari, setelah 3 hari maka akan terjadi kerusakan sedikit demi sedikit jika tidak mengkonsumsi makanan. Namun jika dilakukan selama 48 jam atau dua hari saja, maka kita akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa (tidak terjadi penurunan metablosime dan kerusakan).

Namun dari dasar ilmu tersebut, tentunya masih banyak yang tidak setuju termasuk para ahli gizi. Beberapa dari mereka mempertanyakan :

  1. Bukankah puasa akan membuat otot hilang?
  2. Metabolisme akan menurun dan rusak?
  3. Dengan cara puasa asupan protein akan menurun?
  4. Bukankah butuh sering makan untuk membentuk otot?
  5. Asupan jumlah protein haruslah banyak untuk membentuk otot

Dan lain sebagainya…

Menurut Deddy Corbuzier sendiri, pendapat – pendapat tersebut tidak berdasar dan tidak ada sumber yang jelas. Jika ada penelitian mengenai pendapat – pendapat tersebut, maka penelitian tersebut tidak bersifat mutlak dan akan menjadi teori yang selalu berkembang. Begitu juga dengan teori dari Diet OCD sendiri.

Diet ala Deddy Corbuzier adalah diet puasa. Namun diet puasa ini tidak sama dengan diet tanpa makan atau tidak makan sama sekali.

Penelitian membuktikan jika puasa selama 72 jam tidak akan membuat metabolisme melambat dan terganggu bahkan metabolisme akan meningkat meski hanya sedikit (Mecdonald IA, Webber J, 1985). Metabolisme dalam tubuh akan menurun setelah melewati waktu 72 jam puasa.

Inilah yang membuat puasa dalam jangka pendek tetap aman tanpa takut menurunkan tingkat metabolisme dalam tubuh, justru dapat meningkatkan proses metabolisme meski dalam jumlah sedikit.

Otot akan mengecil dengan puasa?

Otot tidak akan mengecil hanya karena puasa tetapi faktor olah raga akan berperan besar dalam hal ini. Jika dalam keadaan satu tangan Anda terlatih dan tangan satunya tidak , meski Anda berpuasa, maka tangan yang kecil pasti tangan yang tidak Anda latih bukan? Dan tangan yang dengan otot yang lebih besar tentunya tangan yang anda latih, meski disaat tersebut Anda berpuasa, demikian pendapat Deddy Corbuzier.

Beberapa ahli gizi juga mengungkapkan, “ Dengan puasa maka kadar hormon testosteron akan menurun!”

Deddy Corbuzier mengungkapkan jika penelitian mengungkap bahwa saat terbangun tidur di pagi hari, maka kadar hormon testosteron akan meningkat sebesar 20 s/d 30%. Padahal sebelumnya kita tidak makan dan tertidur sampai bangun kembali. Hal ini telah diteliti dan benar – benar mengurangi kalori sebesar 15% serta tidak akan menggangu produksi hormon testosteron.

Penelitian lain juga mengungkapkan jika naiknya kadar lemak dalam tubuh akan membuat menurunnya kadar testosteron dalam tubuh. Artinya dengan menurunkan asupan lemak dalam tubuh justru akan meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh.

Deddy Corbuzier mengungkapkan jika dengan melakukan puasa yang benar, maka metabolisme pada tubuh akan berlangsung dengan baik, otot akan tetap terbentuk dengan baik, kesehatan tubuh akan meningkat dan membuat Anda menjadi awet muda.

Diet Ala Deddy Corbuzier bermanfaat menjaga kesehatan dan bikin awet muda?

Puasa tidak akan membuat metabolisme melambat. Justru puasa pendek tersebut akan meningkatkan sensitifitas insulin sehingga kondisi pankreas akan menjadi lebih sehat dan gula darah akan menjadi normal, cocok bagi Anda yang memiliki keluhan akan penyakit diabetes. Selain itu, sensitifitas insulin akan membuat kita terhindar dari resiko terkena penyakit jantung. Inilah yang membuat diet ala Deddy Corbuzier merupakan cara menurunkan berat badan yang sehat dan cocok bagi seseorang yang ingin terhindar dari resiko penyakit diabetes dan jantung.

Selain dapat membuat sehat tubuh dengan menjaga gula darah serta menurunkan tingkat resiko penyakit jantung, diet ala Deddy Corbuzier juga dapat menurunkan tingkat stress oksidatif serta peradangan pada sel. Cara melangsingkan tubuh dengan puasa ala Deddy Corbuzier ini akan memperbaiki kerusakan DNA dimana kerusakan ini bisa menimbulkan kanker.

Penelitian juga menunjukkan jika puasa dalam waktu tertentu (puasa pendek) dapat memperlambat jam penuaan pada tubuh kita termasuk penampilan kulit wajah. Tidak hanya tampilan fisik saja yang terlihat muda, namun puasa dapat menjaga organ tubuh kita sehat lebih lama sehingga tubuh akan terlihat awet muda.

Wikipedia sendiri menulis, jika puasa yang baik dan benar dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan berdampak pada kebaikan tubuh lainnya.

Nah, mungkin Anda sekarang sudah tidak sabar dan ingin tahu mengenai bagaimana cara menjalankan diet OCD yang baik dan benar, Anda dapat membacanya disini.

Untuk kita ketahui, saat ebook Cara Diet OCD ini diluncurkan, lebih dari 2 juta orang yang telah mengunduhnya. Dan saat ini, Diet ala Deddy Corbuzier ini telah dipercaya sebagai salah satu metode diet terbaik untuk menurunkan berat badan secara sehat. Sudah banyak yang sukses dalam menurunkan berat badan dengan cara OCD ini termasuk para artis yang berhasil menurunkan berat badan dan membentuk tubuhnya lebih atletis. Bahkan testimony diet OCD ini terus muncul di media Sosial. Mereka sangat senang atas keberhasilannya menurunkan berat badan dan sangat antusias dengan metode yang dilakukan Deddy Corbuzier ini.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan memberikan gambaran yang jelas bagi Anda semua. Ditunggu like & share nya jika dirasa bermanfaat, salam smart!

Sumber : Obsessive Corbuzier’s Diet