Daftar Menu Diet Sehat, Sederhana, Cepat Menurunkan Berat Badan

loading...

Menu diet sehat tidak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan saja, namun menu makanan diet sehat juga sangat penting bagi mereka yang menginginkan tubuh mereka selalu sehat terhindar dari beberapa resiko penyakit kronis. Beberapa menu masakan yang sederhana bisa disajikan setiap hari dengan cepat dan praktis tanpa harus repot membuatnya dengan cara yang terlalu lama sehingga menghemat waktu Anda tanpa menghabiskan banyak waktu di dapur. Hal ini dikarenakan menu sehat untuk diet tersebut harus Anda sajikan setiap hari atau dalam keseharian Anda, jika Anda mengolahnya dengan berbagai variasi olahan menu masakan tentu sedikit membutuhkan waktu. Jadi buatlah daftar menu diet sederhana saja sehingga penyajiannya cepat dan tidak menggangu aktifitas keseharian Anda.

Kebutuhan untuk mendapatkan nutrisi yang baik bagi tubuh adalah dengan memenuhi makanan dengan berbagai zat yang bergizi. Menu makanan untuk keperluan diet yang sehat harus mengandung asupan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak dan air.

Menu diet sehat

Sayur & buah merupakan menu makanan utama untuk program diet sehat

Karbohidrat

Menu makanan diet sehat haruslah memiliki kandungan karbohidrat. Karbohidrat memiliki fungsi utama yakni sebagai sumber energi. Fungsi karbohidrat lainnya adalah memberi rasa manis pada suatu makanan, menghemat di dalam penggunaan protein, mengatur proses metabolisme lemak serta membantu di dalam pengeluaran feses.

Beberapa sumber karbohidrat dapat di temukan pada bahan – bahan makanan seperti padi, gandum, jagung, singkong serta sagu. Berikut kandungan nilai karbohidrat dari yang paling tinggi per 100 gram :

Gula pasir : 94,0

Pati : 87,0

Bihun : 82,0

Makaroni : 78,7

Beras setengah giling : 78,3

Gula kelapa : 76,0

Mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi akan membuat tubuh memiliki kalori yang berlebih. Kelebihan kalori ini akan disimpan dalam tubuh dimana bisa menimbulkan kegemukan. Oleh karena itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan menu makanan diet sehat, maka asupan karbohidrat tidak boleh berlebih.

Kita dapat mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tidak tinggi. Beberapa makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk tubuh bisa didapatkan dari bahan – bahan makanan seperti sayuran, biji – bijian, susu rendah lemak serta kacang – kacangan.

Hindari konsumsi makanan dalam kemasan, kue yang manis – manis, permen, keripik kentang dan konsumsi nasi yang berlebihan.  Hindari konsumsi makanan dengan bahan / kandungan gula pasir, bihun, pati, macaroni, beras setengah giling dan gula kelapa.

Protein

Menu makanan diet sehat lainnya harus memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein merupakan zat terbesar pada tubuh setelah air. Protein memiliki fungsi utama sebagai sebagai komponen dalam pertumbuhan dan perkembangan pada tubuh manusia. Fungsi lain dari protein adalah pemeliharaan tubuh, membentuk antibodi, memelihara netralitas tubuh serta mengatur keseimbangan air, mengangkut zat – zat gizi dalam tubuh, sebagai bio katalisator dan sebagai sumber energi.

Protein berasal dari hewan dan tumbuhan. Sumber protein hewani bisa didapatkan pada bahan makanan seperti daging, ikan, telur, susu atau kerang. Sedangkan sumber protein nabati bisa berasal dari kacang – kacangan seperti kedelai, jagung dan makanan lain misalnya sayuran.

Menu diet sehat harus mengandung protein baik protein hewani maupun protein nabati. Kebutuhan protein ini sangat penting bagi tubuh apalagi bagi mereka yang masih dalam usia pertumbuhan.

Berikut kandungan nilai protein yang paling tinggi per 100 gram :

Kacang kedelai : 34,9

Kacang merah : 29,1

Kacang tanah terkelupas : 25,3

Kacang hijau : 22,2

Biji jambu monyet :  21,2

Lemak

Lemak adalah senyawa organik yang tidak bisa larut dalam air. Fungsi lemak adalah penghasil energi terbesar pada tubuh. Pembakaran 1 gram lemak bisa menghasilkan energi sejumlah 2,5 kali lebih besar daripada 1 gram karbohidrat atau 1 gram protein.

Lemak berasal dari lemak nabati atau dari tumbuhan dan lemak hewani yakni lemak dari hewan. Lemak nabati terdiri dari minyak kelapa sawit, minyak kelapa, kacang tanah, kacang kedelai, buah avokad dan jagung. Lemak hewani terdapat dapat pada krim, mentega, susu, daging, keju dan kuning telur.

Vitamin

Menu makanan yang sehat untuk diet haruslah mengandung zat yang satu ini. Vitamin juga memiliki banyak fungsi sesuai dengan sumber bahan makanannya yang berbeda – beda.

Sebagian besar buah dan sayuran mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A,B, C dan E. Sedangkan vitamin D banyak ditemukan pada susu, kuning telur, minyak ikan, hati serta sinar ultraviolet.

Untuk menyajikan menu makanan diet yang sehat, kita tidak bisa meninggalkan kebutuhan buah dan sayur.

Mineral

Mineral berfungsi untuk pemeliharan fungsi tubuh. Mineral dapat dibedakan menjadi mineral makro dan mikro. Beberapa menu diet sehat harus mengandung mineral terutama mineral makro. Mineral makro adalah mineral yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak oleh tubuh. Sedangkan mineral mikro adalah mineral yang dibutuhkan dalam jumah sedikit dalam tubuh.

Air

loading...

Air merupakan bagian utama pada tubuh manusia. Orang dewasa mengandung 50 sampai 70% air pada berat tubuhnya. Kandungan air ini relatif berbeda bergantung pada jenis kelamin, aktifitas dan usia.

Menu makanan untuk diet sehat haruslah mengandung air yang cukup. Konsumsi air yang cukup juga akan membantu di dalam berbagai proses metabolisme pada tubuh seperti pencernaan serta metabolisme dalam sel atau jaringan tubuh manusia.

Nah, kandungan – kandungan  zat makanan tersebut harus ada pada menu diet sehat Anda sehari – hari. Memperhatikan kandungan gizi serta menyesuaikan dengan kebutuhan kalori tubuh Anda adalah langkah yang sangat penting untuk mendapatkan menu makanan yang sehat untuk keperluan diet Anda.

Menu diet sehat menurunkan berat badan sehari – hari

Menu makan pagi

Menu makanan diet di pagi hari bisa Anda sajikan susu rendah lemak + buah pisang serta 1 lembar roti gandum. Ini merupakan menu diet sehat sederhana yang praktis untuk Anda buat di pagi hari tanpa harus repot – repot memasak di dapur.

Menu makan siang

Makan siang ditengah cuaca yang sedang panas, maka konsumsi makanan sehat dari sayuran segar akan sangat membantu meredakan dahaga serta membuat tubuh kembali segar. Sayur dengan kuah sangat cocok dihidangkan di siang hari. Sayur seperti bayam, sawi serta kol dan lainnya akan bisa dijadikan menu makan siang Anda. Menu makanan sehat untuk diet ini bisa Anda tambah lagi dengan sedikit kentang rebus untuk kebutuhan karbohidrat. Untuk kebutuhan protein, konsumsilah daging ayam tanpa kulit secukupnya.

Jika Anda lapar setelah makan siang, terutama menjelang sore, Anda dapat mengkonsumsi buah – buahan segar seperti buah pir, jeruk, melon sebagai cemilan untuk diet.

Menu makan malam

Menu diet sehat untuk makan malam dapat kembali mengkonsumsi sayuran berupa lalapan yang direbus, ayam / telur rebus + minuman teh hijau hangat tanpa gula. Untuk asupan karbohidrat kita dapat mengkonsumsi sandwich yang yang di dalamnya terdiri dari roti dari biji – bijian yang masih utuh, selada dan saus mustard.

Jangan lupa untuk konsumsi air putih yang cukup agar tubuh tidak dehidrasi. Hindari makanan yang digoreng dengan minyak, kecuali memakai olive oil. Kurangi konsumsi makanan dengan kandungan penyedap masakan, garam dan gula.

Contoh lain daftar menu sehat untuk diet

  1. Kombinasi menu sayuran dan buah – buahan

Dalam sehari, Anda bisa mengkonsumsi sayuran dan buah saja. Menu makanan diet sehat ini sangat ampuh untuk menurunkan berat badan karena kandungan serat pada sayur dan buah sangat tinggi sehingga Anda tidak akan mudah lapar. Jenis sayur yang bisa dikonsumsi terdiri dari bayam, sawi, lobis, kol, kangkung, selada mentah.

Cara mengolah :

Anda bisa mengolah sayuran tersebut dengan kuah segar tanpa penyedap masakan. Kasih garam sedikit saja. Untuk selada bisa Anda pakai untuk lalapan.

Sedangkan buah – buahan, kita dapat menyiapkan beberapa buah untuk diet sehat kita seperti buah papaya, melon,apel, buah pir dan jeruk.

  1. Kombinasi menu makanan untuk diet lainnya

Kombinasi untuk menu makanan diet lainnya bisa memilih, yogurt, oatmeal, selai kacang + roti gandum, daging sapi tanpa lemak yang dipanggang, ikan bakar dan lain – lain. Kombinasi dari bahan – bahan makanan untuk diet  tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan selera memasak Anda masing masing. Misal untuk medapatkan asupan protein maka cukup Anda mengkonsumsi roti bakar dengan selai + daging sapi bakar atau panggang. Bisa juga mengkonsumsi yogurt atau oatmeal yang bisa dikombinasikan dengan roti rendah kalori / rendah karbohidrat.

Menu diet sehat

Roti gandum & minyak zaitun merupakan menu makanan penting dalam diet menurunkan berat badan

Baca dulu : Manfaat yogurt untuk diet dan kesehatan tubuh

  1. Daftar minuman untuk membantu menurunkan berat badan

Untuk membantu program diet dan menurunkan berat badan, kita dianjurkan mengkonsumsi air putih yang cukup untuk membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh kita. Selain itu, beberapa minuman seperti teh hijau, susu rendah lemak dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan.

Menu diet sehat selain yang telah disebutkan diatas, Anda dapat membuat jus buah dan sayuran. Saat sore hari, buatlah jus sayur dari beberapa bahan seperti kol, bayam serta sayuran lainnya agar pencernaan Anda lebih cepat dalam menyerap zat – zat yang ada pada bahan makanan tersebut. Jika keberatan, Anda juga bisa membuat jus buah untuk program diet Anda.

Buatlah jus apel, jeruk, tomat, sirsak atau dari buah yang lain sehingga kebutuhan vitamin serta serat dalam tubuh kita terpenuhi. Selain itu, konsumsi buah dan sayur juga akan sedikit mengurangi nafsu makan kita karena kandungan serat pada sayur dan buah akan membuat perut kita kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Nah, daftar menu diet sehat diatas bisa kita buat dalam keseharian kita karena cara pengolahannya juga sederhana dan cepat. Dengan memilih beberapa makanan tertentu sesuai dengan kandungan gizi dan kebutuhan tubuh kita, maka tubuh kita akan mendapatkan gizi yang seimbang. Membuat daftar menu makanan sehat akan semakin memudahkan kita untuk mengatur pola makan yang sehat dan efeknya berat badan kita akan turun dan tidak mudah naik kembali ..

loading...

Related For Daftar Menu Diet Sehat, Sederhana, Cepat Menurunkan Berat Badan