9 Cemilan Sehat dan Aman Untuk Dikonsumsi Saat Diet

Saat melakukan program penurunan berat badan, tentu sering merasakan lapar dan otomatis kita akan mencari cemilan untuk diet kita agar rasa lapar sedikit bekurang. Namun terkadang masih ragu, apakah makanan kecil tersebut aman ataukah tidak terhadap program penurunan berat badan yang sedang kita lakukan.

Blueberry bisa dijadikan cemilan untuk diet

Blueberry

Sudah sering kami berikan ulasan mengenai makanan apa saja yang bisa kita konsumsi sebagai makanan ringan yang aman dan sehat saat melakukan diet. Diantaranya adalah buah dan sayur – sayuran. Kedua jenis makanan itu mutlak harus ada karena nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk tubuh.

Cemilan buah dan kacang untuk diet

  1. Kacang Almond

Kacang almond sangat bak untuk dikonsumsi saat melakukan program diet. Kacang almond dapat mengecilkan perut buncit karena kandungan serat non fermentasi yang tinggi dan bisa membuat perut kita kenyang dalam waktu yang lebih lama. Silahkan baca postingan sebelumnya : 9 Makanan Yang Bisa Membentuk Perut Six Pack.

  1. Buah tomat

Tomat sangat aman untuk dijadikan makanan ringan yang sehat saat diet karena memiliki kandungan kalori yang rendah, hanya 74 kalori saja. Buah tomat ini bisa dikonsumsi di malam hari atau siang hari. Kandungan air yang menyegarkan dapat menambah jumlah air yang kita butuhkan untuk tubuh. Kandungan vitamin C juga tinggi sehingga kita akan mendapatkann manfaat lain dari mengkonsumsi buah tomat. Buah tomat bisa kita buat sup atau jus tanpa gula.

  1. Melon
Info Terkait :   Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Pisang

Untuk buah melon, kandungan kalori lebih tinggi daripada buah tomat yakni sebesar 88 kal. Buah ini juga menyegarkan karena banyak mengandung air sehingga sangat cocok untuk makanan kecil untuk diet terutama pada siang hari dimana suhu cuaca tinggi dan kita banyak kehilangan keringat sehingga rasa haus melanda.

  1. Buah pir

Salah satu kelebihan dari buah pir ini adalah buah pir kaya akan serat dan banyak mengandung air sehingga cocok dikonsumsi siang hari. Namun untuk kandungan kalori lebih tinggi dari kedua buah diatas ( tomat dan melon) yakni sebesar 100 kalori. Kandungan serat dan air yang tinggi cocok untuk cemilan diet terutama terutama di siang hari dan bermanfaat menjadikan perut kenyang dalam waktu yang relatif lama.

  1. Kiwi

Cemilan untuk diet buah kiwi

Kiwi memiliki kandungan kalori yang sangat rendah sebesar 58 kalori saja. Dengan kandungan kalori yang rendah tersebut, buah kiwi cocok untuk dijadikan cemilan diet saat malam hari. Di malam hari tentunya kita sering merasakan lapar saat melakukan program pelangsingan badan. Buah kiwi menjadi alternatif yang baik di dalam membuat perut terisi dan kenyang namun tidak membuat badan menjadi gemuk.

  1. Blueberry

Blueberry bermanfaat di dalam memperlambat proses penuaan serta sebagai buah yang mengandung antioksidan. Selain itu, buah ini bisa dikonsumsi saat kita melakukan program penurunan berat badan. Kita bisa mengkonsumsi blueberry saat perut terasa lapar agar penyerapan nutrisi benar – benar maksimal.

Info Terkait :   Cara Diet Kardio Untuk Penderita Jantung

Nah itulah beberapa buah yang bisa dijadikan sebagai makanan ringan saat melakukan program penurunan berat badan. Tentu timbul pertanyaaan dibenak kita, apakah ada makanan kecil yang sehat selain buah – buahan diatas? Tentu saja Ada.

Cemilan untuk diet selain buah dan biji – bijian

 

  1. Agar – Agar

Agar – agar bisa dijadikan makanan ringan saat menjalankan program penurunan berat badan. Makanan ini mengandung rendah kalori, hanya 70 sampai 80 kalori saja. Jadi makanan ini tidak akan menimbulkan timbunan kalori berlebih pada tubuh. Kita dapat menyimpan makanan ini di dalam kulkas untuk dikonsumsi saat kita merasa lapar. Dalam pembuatan agar – agar dapat ditambah susu rendah lemak dan sedikit gula. Penambahan ini masih relatif aman dan kalori tetap masih rendah.

  1. Coklat hitam

Coklat hitam bisa menjadi makanan ringan yang enak untuk diet kita. Coklat hitam memiliki manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh seperti memperlancar aliran darah sehingga dapat terhindar dari penyumbatan dan pembekuan darah. Hal ini tentu dapat meringankan kerja jantung di dalam memompa darah sehingga tentunya semakin meningkatkan kesehatan jantung kita. Mengkonsumsi coklat hitam juga bermanfaat untuk kesehatan kulit karena dapat melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet. Coklat mengandung lemak tak jenuh tungal yang baik dalam pembakaran lemak di perut dan membuat perut kenyang lebih lama.

  1. Daging kalkun
Info Terkait :   Tips Diet Sukses Dan Mudah Saat Berada Di Acara Pesta

Daging kalkun Cemilan untuk diet

Daging kalkun bisa juga dijadikan makanan kecil karena kadar kalori yang rendah namun memiliki kandungan protein terbilang tinggi. Kandungan protein yang tinggi ini sangat penting untuk menguatkan otot – otot pada tubuh dan meningkatkan tenaga sehingga cocok bagi Anda yang sering berolah raga.

Mengimbangi dengan olah raga dengan mengkonsumsi daging kalkun menjadi cara jitu untuk menurunkan berat badan secara cepat dan sehat.

Nah itulah beberapa cemilan untuk diet selain buah – buahan yang bisa Anda konsumsi. Untuk jenis sayur – sayuran kita bisa juga menjadikannya sebagai makanan ringan untuk dikonsumsi. Diantaranya adalah sayur bayam yang dibuat sup, wortel , sawi dll. Makanan ini bisa Anda olah sesuai dengan selera dan kebutuhan masing – masing.

Related For 9 Cemilan Sehat dan Aman Untuk Dikonsumsi Saat Diet