Cara Menjalankan Diet Atkins Beserta Contoh Menunya

Pengertian diet Atkins dan Beberapa Makanan yang dilarang

Diet atkins dipopulerkan oleh Dr Atins sekitar tahun 70an dimana terjadi pro dan kontra terhadap cara diet ini. Diet atkins menekankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat mulai dari nasi, roti, kentang bahkan sampai mie. Beras merah yang tergolong memiliki kandungan gizi yang baik juga dilarang untuk dikonsumsi. Selain itu, kita juga dilarang untuk mengkonsumsi gorengan, susu, biscuit, kue dan makanan dengan kandungan karbohidrat serta gula yang tinggi.

Banyak orang yang mencoba untuk mendapatkan badan yang langsing serta ideal. Hal ini tidak luput dari tuntutan sosial yang ada di lingkungan masing – masing. Berbagai cara diet dilakukan, bahkan diet yang tergolong ekstreme seperti diet atkins ini.

Cara Melakukan diet atkins beserta contoh menunya

Diet atkins tergolong diet yang ekstreme, salah satu alasannya, kita benar – benar tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat. Seperti kita ketahui, kandungan karbohidrat dibutuhkan sebagai sumber energi bagi tubuh kita.

Melakukan diet atkins selain tidak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat, diet ini juga menganjurkan para pelaku untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Tidak hanya yang mengandung gula saja, diet atkins juga melarang mengkonsumsi minuman manis sepeti jus orange serta jus manis dengan kandungan gula   lainnya.

Saat awal melakukan diet atkins, asupan karbohidrat bisa di angka 20 gram perharinya. Dapat ditingkatkan sesuai dengan aktifitas kita samapai 45 gram perhari.

Info Terkait :   Diet Atkins VS Ketogenik, Pilih Mana?

Makanan yang dikonsumsi saat diet atkins

Sebagai gantinya, beberapa makanan yang dapat dikonsumsi saat melakukan diet atkins diantaranya beberapa makanan yang mengandung lemak yang baik serta makanan dengan kaya protein seperti telur, daging sapi dan ayam. Selain itu, kita bisa mengkonsumsi daging kalkun sebagai menu diet atkins kita sehari – hari..

Untuk jenis sayur – sayuran kita dapat mengkonsumsi seledri, sup sayuran hijau dengan tomat dan wortel serta salad.

Kelebihan dan cara kerja diet atkins

Saat kita mengurangi makanan karbohidrat, maka cadangan lemak dalam tubuh akan mudah terbakar, sehingga berat badan otomatis akan turun. Semakin banyak lemak yang terbakar, maka berat badan juga akan semakin cepat turun. Inilah salah satu kelebihan dari diet atkins, berat badan dapat turun secara cepat.  Selain itu, kadar gula dalam darah juga akan mudah turun, karena kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula serta karbohidrat.

Contoh Menu diet atkins

  • Pagi: Corden beef atau daging sapi / ayam dengan 2 butir telur orak-arik
  • Siang: Salad ayam yunani + sayuran dengan seledri + setengah buah alpukat
  • Malam: Daging kalkun dengan couscous serta brokoli. Bisa ditambah sedikit salad + tomat  + buah zaitun
  • Snack: Sepotong wortel  + Dua sendok makan hummus

Cara melakukan Diet Atkins

Beberapa tahapan saat melakukan diet atkins adalah sebagai berikut :

Info Terkait :   Diet Paleo Vs Diet Atkins, Mana Yang Paling Cocok Untuk Kamu?

1. Tahap Induksi

Tahapan ini akan menyesuaikan kondisi tubuh untuk membakar lemak yang tersimpan didalam tubuh, karena efek dari rendahnya konsumsi karbohidrat. Untuk perhari sekitar 20 gram karbohidarat, sebelumnya kita bisa mengkonsumsi karbohidrat sampai dengan 250 gram.

Saat inilah kita menghindari makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, seperti yang telah kami sebutkan diatas.

2. Tahap Ongoing Weight Loss

Tahapan kedua ini atau disebut Ongoing Weight Loss merupakan tahapan dimana kita melakukan program penurunan berat badan. Kita diperbolehkan untuk meningkatkan asupan karbohidrat sebanyak 5 gram perhari selama seminggu penuh smapai kita menemukan Critical Carbohydrate Level for Losing Weight yakni jumlah maksimum asupan karbohidrat yang dapat dikonsumsi setiap harinya guna menurunkan berat badan. Dengan perhitungan tersebut maka asupan karbohidrat yang kita konsumsi dalam sehari sebanyak 25 gram.

Pada tahap ini, kita juga sudah dapat mengkonsumsi beberapa jenis sayuran dan biji – bijian, namun tetap tidak mengkonsumsi susu maupun sereal, termasuk kentang dan roti.

3. Tahap Pre-maintenance

Pada tahap ini kita dapat meningkatkan asupan karbohidrat sebesar 10 gram. Hal ini berguna untuk memperlambat proses penurunan berat badan dan menyiapkan tubuh untuk memasuki tahap akhir dari diet ini. Tahap kita lakukan selama seminggu untuk mempertahankan berat badan kita. Beberapa makanan pada tahap ini bisa kita konsumsi dalam jumlah sangat sedikit seperti roti dan pasta.

4. Tahap Lifetime Maintenance

Pada tahap ini, kita dapat menambah jumlah asupan karbohidrat sampai dengan 90 gram perhari. Tahap ini bertujuan dalam mempertahankan berat badan kita.

Info Terkait :   Diet Atkins VS Ketogenik, Pilih Mana?

Lifetime Maintenance merupakan tahap final yang bertujuan untuk mempertahankan berat badan. Pada tahap terakhir ini Anda sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan karbohidrat namun tetap dalam batasan dibawah 90 gram per hari. Ini merupakan sepertiga dari karbohidrat normal yang sering kita konsumsi.

Efek samping melakukan diet atkins

Efek samping yang ditimbulkan dari diet atkins ini adalah kita akan mudah merasa lelah, sering pusing, nafas menjadi tidak sedap, insomnia dan sering merasa lemah.  Selain itu bisa saja kita mengalami sembelit karena asupan beberapa sayuran kita tinggalkan.

Jika kita melakukan diet ini selama beberapa waktu dan continue setiap tahun, maka dikawatirkan akan mengakibatkan efek jangka panjang yang tidak baik bagi kesehatan, salah satunya adalah masalah pada jantung karena diet ini menganjurkan untuk mengkonsumsi beberapa makanan dengan kandungan lemak jenuh.

Selain itu, bisa saja terjadi tulang menjadi keropos karena berkurangnya kalsium yang kita konsumsi melalui susu dimana kandungan kalsium pada susu sangat tinggi.

Agar lebih aman dalam melakukan diet atkins, sebaiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter disekitar tempat kita. Masalah kesehatan dalam jangka panjang menjadi prioritas utama bagi kita daripada sekedar menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat.

Related For Cara Menjalankan Diet Atkins Beserta Contoh Menunya