Cara Menghitung Berat Badan Proporsional Untuk Pria dan Wanita

Bagi Anda yang selalu memperhatikan penampilan, memiliki berat badan proporsional adalah sesuatu yang sangat didambakan. Badan ideal juga akan membuat penampilan seseorang lebih menarik. Apalagi jika di ikuti dengan olah raga pembentukan tubuh, misalnya fitness, maka badan akan terlihat lebih atletis, kencang dan tentunya lebih menarik bagi orang lain yang memandangnya. Bentuk badan yang ideal adalah perhitungan dari kalkulasi berdasarkan tinggi badan seseorang dan berat badan orang tersebut.

Cara Menghitung Berat Badan Proporsional Untuk Pria dan Wanita

Perhitungan kalkulasi dari berat tubuh dan tinggi badan seseorang sering disebut dengan Body Mass Index (BMI) dimana dapat menjadi acuan dalam menentukan derajat apakah seseorang itu kurus, gemuk atau normal.

Cara menghitung berat badan ideal

Rumus menentukan BMI adalah sebagai berikut :

Badan ideal  = Berat tubuh (Kilogram) : (Tinggi badan x Tinggi badan)

Misalnya : Berat tubuh Anda 70 kg dengan tinggi badan 1,69 m, maka perhitungannya  adalah 70 kg : (1,69 m x 1,69 m) = 24.6

Hasil 24,6 adalah BMI Anda. Untuk mengetahui angka BMI tersebut termasuk pada level angka berat tubuh ideal atau tidak, maka ada standar jumlah BMI tersendiri bagi pria maupun wanita.

Standar berat badan pria (standar BMI pria)

Hasil BMI Keterangan dan saran
BMI < 17 Tergolong Kurus – Perlu tambahan makanan berkalori
BMI 17 – 23 Berat tubuh normal – Anda memiliki badan ideal. Pertahankan dan jaga tubuh dengan olah raga
BMI 23 – 27 Kegemukan – Mulai perhatikan kandungan makanan yang dikonsumsi. Antisipasi dengan mengurangi makanan berminyak dan berlemak serta meningkatkan olah raga.
BMI > 27 Peringatan Obesitas – Peringatan pada bahaya obesitas. Segera lakukan program diet
Info Terkait :   Berapa Sih Berat Badan Anak Usia 6 Tahun?

 

Standar berat badan wanita (standar BMI wanita)

Hasil BMI Keterangan dan saran
BMI < 18 Kurus – Konsumsi lebih banyak makanan berkarbohidrat
BMI 18 – 25 Normal Weight/Normal – Bentuk tubuh ideal, pertahankan dan jaga pola makan
BMI 25 – 27 Kegemukan – Termasuk kategori gemuk, mulai dengan mengurangi makanan berkalori dan rajin olah raga minimal 2x seminggu
BMI > 27 Obesitas – Tergolong gemuk dan harus melakukan program diet agar kesehatan Anda tidak terganggu

Dengan mengetahui Index Massa Tubuh atau BMI tersebut diharapkan kita akan lebih berhati – hati di dalam menjaga tubuh kita terutama di dalam mengkonsumsi makanan. Jika BMI melebihi angka 27, maka perlu untuk melakukan program khusus atau program diet. Kegemukan juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit fatal, seperti jantung, stroke, darah tinggi dan lain – lain.

Jika angka BMI dibawah 18, maka beberapa penyakit yang bisa saja timbul adalah tulang keropos atau osteoporosis. Oleh karena itu, kita perlu mengusahakan agar memiliki berat badan normal dengan mengatur pola makan yang benar dan selalu melakukan olah raga secara rutin.

BMI ini bisa dipakai untuk mengetahui berat badan ideal pada orang yang berusia diatas 20 tahun. Perhitungan pada orang dibawah usia 20 tahun akan berbeda. Namun BMI juga tidak bisa dipakai sebagai patokan pada seseorang yang memiliki profesi sebagai binaragawan atau olahragawan lainnya. Hal ini dikarenakan mereka Nampak memiliki jumlah BMI yang berlebih, padahal bentuk tubuh dan kelebihan otot mereka dikarenakan massa otot yang berlebih karena proses latihan pembentukan tubuh. Namun jika BMI telah melebihi angka 40, maka kondisi tubuh tersebut sudah dikatakan berbahaya dan harus segera dilakukan tindakan sebelum timbul beberapa penyakit yang tidak diinginkan.

Info Terkait :   Mudah Dan Murah, Diet Pisang 12 Hari Terbukti Turunkan Berat Badan

Nah, dengan mengetahui apakah kita memiliki berat badan proporsional atau belum menggunakan standar BMI ini, semoga menjadikan kita lebih berhati – hati di dalam mengatur pola makan serta meningkatkan kesehatan dengan olah raga. Pola makan yang baik dan benar haruslah memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Menghindari makanan berminyak dan makanan cepat saji adalah salah satu kiat menjaga pola makan kita tetap sehat.