Menu

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Tradisional Dan Modern

loading...

Cara Menghilangkan Stretch Mark – Stretch mark adalah suatu sobekan pada kulit yang terisi oleh suatu jaringan yang disebut jaringan ikat. Stretch mark ini bisa muncul pada daerah payudara, kaki, perut dan bagian tubuh lainnya. Pada kulit, Stretch mark terlihat seperti jalur memancang dan memiliki warna yang berbeda dengan kulit di sekitarnya.

Cara menghilangkan Stretch mark dengan minyak zaitun

Stretch mark biasanya berwarna putih, bisa kemerahan atau terlihat cokelat kehitaman. Stretch mark ini bisa terjadi pada seseorang baik yang masih muda maupun yang telah dewasa. Bahkan Stretch mark bisa terjadi pada bayi yang mengalami kegemukan dalam waktu yang relatif singkat.

Pada umumnya, Stretch mark dialami oleh ibu hamil dan sering dijumpai terutama pada bagian perut. Sedangkan stretch mark pada pria disebabkan oleh pembentukan otot yang dibarengi dengan suatu suplemen tertentu. Pada pria, kulit relatif kurang elastis dan ketika berat badan naik atau bertambah gemuk maka terjadi pecahan di kulit.

Penyebab stretch mark

Stretch mark bisa disebabkan oleh penggunaan obat – obatan yang berupa krim oles dimana krim ini mengandung kortikoid kuat. Contohnya adalah penggunaan suatu obat kulit atau obat gatal secara berkelanjutan sehingga menyebabkan kulit menjadi kurang elastis dan sobek.

Obat gatal atau herbal palsu juga menjadi penyebab timbulnya gangguan kulit ini. Obat – obatan tersebut biasanya mengandung kortikoid misalnya dexamethasone, quinolone dan clobetasone. Obat lain bisa terkandung kortikoid juga dan Anda tentunya harus lebih berhati – hati serta mengetahui kandungan dari obat yang ingin dikonsumsi.

Stretch mark terjadi karena robeknya jaringan kulit yang dapat disebabkan oleh tarikan yang kuat pada kulit. Tarikan kuat ini bisa terjadi pada kondisi tubuh yang mengalami kenaikan berat badan secara cepat. Selain itu, stretch mark bisa disebabkan oleh perubahan sistem hormon pada orang yang sedang mengalami pubertas serta terapi sulih hormon, kehamilan, latihan pembentukan tubuh dan pembentukan otot tubuh.

Jika penyebab stretch mark karena faktor hormonal maka biasanya bisa memudar atau hilang sendirinya tanpa melakukan tindakan menghilangkan Stretch mark. Namun Stretch mark yang berwarna gelap biasanya akan tetap menetap pada tubuh atau bersifat permanen.

Info Terkait :   Manfaat Lemon Untuk Wajah Berjerawat Dan Kulit Kering

Baca juga artikel menarik lainnya :

Cara Alami Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olah Raga
Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Cara menghilangkan Stretch mark dengan cara modern

Cara menghilangkan sobekan kulit atau stretch mark dengan menggunakan teknologi modern bisa menggunakan krim dokter serta laser fraxional. Krim – krim dokter ini memberikan pengaruh yang baik pada kulit karena memiliki sifat keratolitik yang mampu memperbaiki sel sel kulit yang mengalami stretch mark.

Menurut para ahli, stretch mark tidak bisa di hilangkan namun bisa disamarkan dengan bantuan krim dan laser fraxional.

Cara menghilangkan stretch mark secara alami

Menghilangkan stretch mark bisa dilakukan dengan menggunakan bahan bahan alami seperti minyak ikan, cuka apel, wortel dan olive oil atau minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki segudang manfaat bagi perawatan tubuh serta bagi kesehatan.

Cara menghilangkan stretch mark dengan minyak zaitun yakni kulit dibersihkan terlebih dahulu kemudian oleskan minyak zaitun pada bagian kulit yang memiliki stretch mark pada pagi dan sore hari.

Cara lainnya adalah menggunakan minyak habbatussaudah dimana minyak ini mengandung antioksidan dan dapat membantu di dalam membuat kulit menjadi lebih elastis. Kandungan didalamnya seperti thamoquinon dimana membuat kulit Anda tidak mudah meradang.

loading...

Penggunaan minyak bisa dicampur dengan habbatussaudah sebanyak 20 %. Campuran ini dioleskan pada bagian kulit yang terdapat stretch mark pada pagi dan sore hari. Jangan lupa kulit harus dibersihkan terlebih dahulu.

Selain kombinasi minyak zaitun dengan habbatussaudah, bisa Anda tambahkan dengan menggunakan masker wortel. Masker wortel ini mengandung provitamin A yang dapat membantu pemulihan sel – sel kulit yang mengelupas karena terdapat stretch mark.

Wortel dapat Anda blender terlebih dahulu dan di buat jus. Kemudian bagian ampas tersebut campurlah dengan kalsium bubuk masker. Anda dapat menambahkan 1 sendok makan atau kurang lebih 10% cuka apel. Kemudian oleskan pada kulit yang memiliki stretch mark. Diamkan selama 15 sampai dengan 20 menit. Selanjutnya tinggal Anda bersihkan dengan air .

Info Terkait :   Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Dengan Instant Brightening Serum

Agar hasil maksimal, untuk masker wortel ini sebaiknya Anda lakukan seminggu sekali. Ampas yang berupa serat juga bisa dijadikan lulur yang bisa digunakan kurang lebih satu bulan sekali. Dengan lulur ampas wortel ini maka akan membantu pemulihan kulit yang mengelupas dan membantu pertumbuhan sel – sel kulit yang telah mati.

Selain itu cara menghilangkan stretch mark bisa dilakukan dengan minyak ikan. Minyak ikan juga dapat mengatasi kulit stretch mark karena mengandung asam lemak yang baik untuk kulit.

Stretch mark tidak bisa dihilangkan secara alami?

Jika stretch mark tidak bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan – bahan alami tersebut maka harus bagaimana agar kulit tampil halus mulus bebas stretch mark?

Perawatan menggunakan bahan bahan alami dan usaha seperti diatas tetap akan menghasilkan kulit Anda lebih tampak halus dan mulus. Meskipun stretch mark hanya tersamarkan, namun cara diatas tetap Anda butuhkan karena akan membuat kulit Anda lebih terlihat terawat.

Sampai saat ini belum ada cara yang dapat menghilangkan stretch mark karena faktor hormonal. Hal ini disebabkan faktor elastisitas kulit yang memang terbentuk secara alami dari faktor hormon di dalam tubuh. Oleh karena itu, kita lebih tekankan pada upaya pencegahan.

Pencegahan stretch mark

Untuk mencegah timbulnya stretch mark, bisa menggunakan cara sederhana seperti menjaga kelembaban kulit serta elastisitas kulit. Caranya adalah dengan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap air putih yang kita konsumsi sehari hari. Selain itu mengkonsumsi sayur – sayuran dan buah buahan sangat baik untuk menjaga sel – sel kulit agar tampak segar, kencang dan kenyal. Lakukan perawatan kulit dengan mengoleskan pelembab atau bisa dengan olive oil dan menjaga agar berat badan tidak cepat naik, misal berat badan yang naik lebih dari 1 kg dalam seminggu.

Info Terkait :   Tips Merawat Wajah Ala Ashanty Dengan Beauty Cream

Pencegahan dengan menggunakan cara modern bisa dilakukan dengan mengoleskan krim khusus dari dokter kulit di kota Anda. Dokter akan lebih mengetahui kondisi dan jenis kulit Anda sehingga sangat penting untuk memeriksakan kondisi kulit ke dokter spesialis kulit.

Beberapa tindakan dari dokter kulit dapat membantu menyamarkan stretch mark karena biasanya lapisan kulit tersebut akan terangkat sehingga stretch mark akan terlihat tersamarkan.

Pencegahan stretch mark saat hamil dengan minyak zaitun

Saat hamil, pada bagian perut biasanya akan muncul stretch mark. Nah, pencegahannya adalah dengan cara mengoleskan minyak zaitun atau bisa Anda gunakan krim pencegah stretch mark. Oleskan pada saat hamil trimester kedua dan ketiga.

Bantu juga dengan selalu menambah asupan gizi terutama makanan atau buah – buahan yang mengandung vitamin C dan E seperti buah buahan serta sayur – sayuran. Hal ini akan mempercepat terbentuknya kolagen pada jaringan kulit. Disamping itu makanan atau buah dan sayur yang mengandung axazanthin juga dibutuhkan untuk proses pembentukan jaringan kulit baru. Jika unsur – unsur tersebut terpenuhi maka kulit akan lebih elastis sehingga tidak mudah menimbulkan stretch mark pada kulit.

Buah – buahan yang baik untuk mengatasi stretch mark adalah buah – buahan dari Negara yang beriklim tropis seperti buah papaya, melon, mangga dan buah kiwi. Buah – buahan ini sebaiknya Anda konsumsi setiap hari dan selalu cukupi kebutuhan tubuh Anda dengan air putih. Seperti kita ketahui jika manfaat air putih bagi tubuh sangat penting.

Untuk sayuran bisa mengkonsumsi sayur yang banyak mengandung fitoestrogen. Kandungan fitoestrogen dapat dijumpai pada semanggi merah, kacang kedelai, soy bean dan buah delima. Sayuran tersebut akan meningkatkan elastisitas kulit Anda sehingga kulit tidak akan mudah mengalami stretch mark.

loading...

Related For Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Tradisional Dan Modern