Cara Mengatasi Kesemutan Pada Tangan Dan Kaki

loading...

Kesemutan merupakan rasa sakit yang sering dialami oleh banyak orang dari usia muda sampai tua, dari wanita sampai pria. Kesemutan biasanya dialami pada bagian tubuh yakni kaki dan tangan. Penyebab dari kesemutan pada kaki serta tangan ini biasanya bagian tubuh tersebut terhimpit  bagian badan yang lain. Misal saat duduk bersila dimana kaki menjadi penopang tubuh dan terjadi tekanan pada kaki oleh tubuh kita. Saat tidur, tangan kita dapat terasa kesemutan jika tertindih badan dalam waktu tertentu.

Cara Mengatasi Kesemutan Pada Tangan Dan kaki

Apa penyebab kesemutan?

Nah sebenarnya kesemutan pada tangan dan kaki ini disebabkan oleh peredaran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah dan jaringan saraf disekitar area yang mengalami kesemutan. Sifat dari rasa ini biasanya bersifat sementara. Oleh karena itu banyak orang yang membiyarkan rasa kesemutan ini karena nantinya akan hilang sendiri.

Sering kesemutan atau kesemutan yang berkepanjangan

Jika rasa kesemutan berkepanjangan maka perlu adanya pemerikasaan karena rasa kesemutan yang berkepanjangan dapat mengindikasikan berbagai penyakit berat misalnya, stroke, diabetes, indikasi penyakit ginjal, tumor pada otak, ketidak seimbangan hormon maupun kanker. Untuk itu saran kami, lakukan cek-up paling tidak sebulan sekali jika Anda sering merasakan kesemutan di puskemas atau poliklinik rumah sakit di kota Anda.

loading...

Nah cara mengatasi rasa kesemutan pada tangan dan kaki akan kami uraikan seperti dibawah ini.

Info Terkait :   Cara Mengatasi Dan Mengobati Bau Mulut Secara Alami

Cara mengatasi kesemutan pada tangan

Biasanya kesemutan pada tangan terjadi saat kita sedang tidur, dan posisi tangan tertindih badan dalam waktu yang cukup lama. Cara mengatasinya :
1. Buatlah posisi badan Anda senyaman mungkin
2. Jika mengalami kesemutan di tangan kiri Anda, jentik jempol kaki kanan Anda sekuat – kuatnya
3. Begitu juga sebaliknya jika tangan kanan yang mengalami kesemutan maka Anda jentik sekuat tenaga bagian jempol kaki kiri Anda.
4. Gerakkan telapak tangan dan jari sedikit demi sedikit agar peredaran darah pada saraf tangan kembali normal.

Cara mengatasi kesemutan pada kaki

Kesemutan pada kaki biasanya terjadi setelah kita lama duduk bersila. Kaki kita akan tertekan dan membuat aliran darah pada saraf – saraf kaki menjadi tidak lancar. Cara mengatasinya:
1. Buatlah kaki Anda dalam posisi yang nyaman atau bisa dengan cara meluruskannya agar aliran darah kembali lancar.
2. Jika kesemutan pada kaki sebelah kanan, maka dapat di coba untuk menjentik jempol tangan kiri dengan sekuat tenaga.
3. Begitu juga sebaliknya jika tejadi kesemutan pada kaki kiri maka jentiklah jempol tangan kanan Anda sekuat tenaga.

Secara umum untuk mengatasi seringnya kita kesemutan maka kita dianjurkan untuk melakukan pola hidup yang sehat, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh serta mengkonsumsi vitamin B1, B6 serta B12.

Info Terkait :   Gula Darah Normal Dengan Thermolyte Diet Sugar, Berapa Harganya Di Apotik?

Hindari merokok, minum – minuman beralkohol serta rajin untuk berolah raga. Periksa secara berkala kesehatan tubuh Anda agar tahu kondisi tubuh Anda sebenarnya.

Demikian artikel cara mengatasi kesemutan pada tangan dan kaki, semoga bermanfaat.

loading...

Related For Cara Mengatasi Kesemutan Pada Tangan Dan Kaki