Cara Diet 1 Minggu Turun 10 Kg Tanpa Olahraga Bisakah?

Tips Diet Cepat – Apakah bisa cara diet 1 minggu turun 10 kg? Mungkin pertanyaan ini ada di benak Anda. Bagi yang memiliki berat badan berlebih tentunya ingin cepat memangkasnya. Turun berat badan sekitar 10 kg (22 lb) dalam seminggu merupakan penurunan berat badan yang terbilang drastis.  Ini memang tidak disarankan terkait dengan kemampuan tubuh dalam merubah kebiasaan pola makan dan faktor kesehatan lainnya.

cara diet 1 minggu turun 10 kg

Namun, pola makan dan olahraga yang tepat, dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan, walau taget turun 10 kg tidak tercapai. Setidaknya, Anda berhasil menurunkan berat badan 1 – 5 kg dalam seminggu, It’s ok! Hal terpenting adalah perubahan pola makan yang Anda lakukan tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Hal terpenting lainnya adalah Anda dapat menjaga berat badan tetap stabil setelah berhasil menurunkan berat badan dalam program diet yang telah dijalankan.

Penjelasan cara diet 1 minggu turun 10 kg

Cara diet 1 minggu turun 10 kg termasuk diet ekstrim yang sebaiknya kita hindari. Apalagi jika Anda berniat untuk turun 10 kg dalam 3 hari, ini tidak masuk akal.

Lalu bagaimana cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu secara aman?

Untuk melakukannya kita disarankan dengan melakukan cara – cara yang sehat. Baik dari pemilihan menu makanan serta melakukan olahraga rutin.

Sebelum melakukan diet cepat ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Ini akan lebih baik jika Anda melakukan cek kesehatan Anda, atau medical cek-up.

Dengan melakukan cek kesehatan ini, kita akan mengetahui jika berat badan kita berlebih serta mengetahui kondisi tubuh seperti kadar gula darah, tekanan darah, dan kolestrol apakah normal ataukah tidak.

Dengan mengetahui kondisi tubuh, maka dokter akan memberikan saran tentang program penurunan berat badan yang akan Anda lakukan. Karena kita ktahui bersama jika kegemukan juga memicu diabetes.

Jika berat badan Anda memang tergolong dalam obesitas atau over weight, dokter akan memberikan saran untuk melakukan program penurunan berat badan.

Cara menurunkan berat badan 10 kg dalam seminggu

Jika Anda sudah mendengarkan saran dokter maka Anda tinggal melakukannya dengan tekad yang bulat.

Jika Anda ingin melakukan diet cepat, misal dalam 1 minggu bisa turun lebih dari 1 kg, maka Anda bisa melakukan cara seperti dibawah ini.

  1. Memangkas 500 kalori per hari

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat atau bahkan dengan cara ekstrim menurunkan 10 kilogram (22 lb) dalam 1 minggu, dimulai dengan memangkas asupan 500 kalori per hari.

Jika Anda memangkas sekitar 500 kalori setiap hari, Anda akan kehilangan sekitar 0,5-1 kilogram (1,1-2,2 lb) per minggu.

Dengan penurunan berat badan ini, maka Anda dapat menurunkan berat badan 10kg sekitar dua setengah hingga tiga bulan kedepan.

Diet rendah kalori memang disarankan. Karena akan cepat membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Namun seiring waktu, penurunan berat badan akan melambat, tidak seperti 1 – 2 minggu pertama program diet yang Anda lakukan.

  1. Stop konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi

Selain diet rendah kalori, untuk melakukan program diet cepat dalam 1 minggu disarankan melakukan diet rendah karbohidrat atau diet karbo.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan hasil bahwa diet dengan mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Ganti makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi dan roti dengan produk tinggi protein dan tanpa lemak. Seperti ikan, sayuran, dan telur.

Makanan berkarbohidrat tinggi lainnya seperti pasta, buah dengan kandungan gula tinggi, gandum, kentang, ubi jalar, sereal, buah yang dikeringkan (kurma, plum), buah kiwi, pisang dll.

3 . Tidak ngemil temasuk makan gorengan

Disini kita tidak disarankan untuk negmil atau makanan makanan kecil yang mengandung gula dan garam yang tinggi.

Kita tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak.

Untuk mengganti cemilan saat diet, Anda bisa mengkonsumsi buah rendah gula seperti apel, strawberi, raspberry, blackberry atau cranberry.

Konsumsilah lebih banyak makanan berprotein dan nutrisi lain seperti vitamin. Hindari makanan berlemak. Anda dapat mengkonsumsi susu rendah lemak, makanan berprotein seperti telur, daging ayam tanpa kulit, daging sapi, ikan laut atau tawar dll.

  1. Minum air putih

Artikel menarik lainnya :

Minumlah air putih untuk mengurangi rasa dahaga dan lapar Anda sepanjang hari. Jika mau makan, minum air putih terlebih dahulu. Untuk minum air putih disarankan 8 – 13 gelas per hari.

Minum air putih ini saat Anda lapar. Karena terkadang rasa lapar bisa sedikit reda dengan minum air putih.

Hindari minum – minuman kemasan karena biasanya mengandung kalori yang tinggi.

  1. Olahraga

Kita tentu sering mendengar metode atau cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu tanpa olahraga. Kita ketahui jika olahraga akan membantu meningkatkan kebugaran fisik kita. Tanpa olahraga badan akan mudah lelah, tidak bergairah dan kurang sehat. Olahraga juga membantu menurunkan berat badan dengan membakar kalori dan lemak yang tersimpan dalam tubuh.

Anda setidaknya dapat melakukan olahraga selama 150 menit untuk joging, berenang, dan dan olahraga kardio lainnya setiap minggu. Untuk membuat latihan lebih efektif, cobalah untuk melakukannya dalam 3 kali selama seminggu.

Yang termasuk dalam olahraga kardio atau kardiovaskular adalah jogging atau jalan kaki, lompat tali, bersepeda, skating dll. Olahraga kardio ini selain membakar kalori juga menyehatkan organ jantung Anda.

Yang termasuk olahraga kardio lainnya yakni HIIT atau High Intensity Interval Training. HIIT adalah olahraga dengan latihan kadio dengan intensitas yang tinggi menggunakan kombinasi dari gerakan dalam durasi singkat, sekitar 5 – 20 menit saja. Olahraga ini juga sedang ngetren saat ini.

Contoh dari olahraga HIIT adalah Kombinasi HIIT dan cardio steady-state (seperti joging selama 30 menit). Kombinasi ini sangat bagus untuk menurunkan berat badan.

Contoh lain dari HIIT adalah berlari selama 1 menit, diikuti dengan 2 menit joging berulang 3-5 kali atau sebanyak yang Anda bisa.

Selain olahraga kardio, lakukan juga latihan kekuatan otot. Latihan kekuatan otot ini adalah jenis latihan lain yang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, jenis latihan ini membantu Anda menjaga berat badan yang stabil dalam jangka panjang.

Latihan kekuatan tidak membakar semua kalori dalam tubuh kita. Hanya bagian tubuh tertentu saja. Namun, ini membantu meningkatkan massa otot Anda misal bagian lengan tangan. Dengan begitu tubuh Anda akan terlihat lebih berisi. Tentu Anda menginginkan bentuk tubuh yang atletis atau bahkan berotot bukan?

Lakukan setidaknya 1-2 hari untuk latihan kekuatan otot setiap minggu. Anda bisa melakukannya setidaknya 20 menit Untuk melatih kekuatan otot tubuh Anda. Mulai dari lengan, kaki maupun bagian tubuh lainnya.

Latihan seperti angkat berat, latihan isometrik, yoga, dan pilates, dapat membantu Anda membentuk tubuh dan meningkatkan massa otot.

  1. Aktif beraktifitas sepanjang hari

Dalam melakukan program cara diet 1 minggu turun 10 kg ini dianjurkan agar Anda aktif bergerak sepanjang hari. Misal naik turun tangga tanpa bantuan lift, berjalan kaki daripada naik motor dll.

Dengan aktif bergerak, maka kalori juga akan ikut terpangkas. Ini tentunya akan membuat berat badan Anda juga mudah untuk turun.

  1. Konsultasikan ke dokter

konsultasi ke dokter

Seperti sebelum Anda melakukan program diet 1 minggu ini dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Setelah Anda melakukan program diet 1 minggu ini juga sebaiknya berkonsutasi ke dokter lagi. Ini untuk mengetahui kondisi tubuh Anda setelah melakukan program diet.

  1. Catat program diet Anda

Ini yang mungkin dilupakan oleh sebagian besar orang. Kita juga perlu mencatat apa yang telah kita lakukan selama melakukan program diet ini.

Kita sebaiknya mencatat makanan apa saja yang telah kita konsumsi, olahraga apa saja yang telah kita lakukan serta berapa berat badan yang berhasil kita pangkas.

Catatan ini sebagai bentuk evaluasi terhadap program yang telah kita jalankan, apakah berhasil atau perlu ada yang diperbaiki.

***

Cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu tanpa olahraga tidak diajurkan. Karena olahraga membantu tubuh untuk membakar lemak dan membuat tubuh bugar dan sehat.

Artikel Terkait : 

Demikian penjelasan tentang cara diet 1 minggu turun 10 kg. Menurunkan berat badan 10 kg terbilang diet yang ektrim. Meski begitu kita bisa melakukan diet cepat dengan mengikuti langkah – langkah seperti diatas.

Artikel Terkait :