Cara Detox Alami Untuk Diet Yang Benar Dengan Air Lemon

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat air lemon untuk detox serta pemakaian bahan alami lainnya. Perlu kita ketahui, tanpa paparan racun dari lingkungan pun, tubuh kita secara alamiah juga menghasilkan racun di dalam tubuh. Detoksifikasi merupakan mekanisme alam dalam tubuh sebagai proses pengeluaran racun dari dalam tubuh melalui air seni dan keringat. Cara detox alami dalam tubuh dapat kita support dengan cara mengonsumsi makanan yang dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh.

cara detox alami

Detox menjadi salah satu metode diet yang banyak digemari oleh masyarakat. Cara detox alami tubuh untuk diet dapat Anda support dengan membenahi jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi serta gaya hidup Anda sehari-hari. Berikut kami rangkumkan cara detox alami untuk diet mengurangi berat badan yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Detox Alami untuk Diet yang Benar 

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara detox alami tubuh yang pertama adalah mengonsumsi banyak air putih. Seperti yang kita tahu, 80% tubuh kita tersusun atas air. Oleh karena itulah, memenuhi kebutuhan tubuh akan air sangat penting untuk dilakukan sebagai cara menghilangkan dahaga sekaligus melarutkan racun dalam tubuh untuk selanjutnya dikeluarkan dalam bentuk air kencing dan keringat.

Pada kondisi normal, kita disarankan untuk mengonsumsi 8-10 gelas air putih atau setara dengan 2 L air putih setiap harinya. Namun, jika Anda memutuskan untuk melakukan cara detox air putih, Anda harus memperbanyak konsumsi air putih, lebih dari jumlah yang disarankan setiap harinya.

  1. Konsumsi Sayur dan Buah

Buah dan sayur bisa Anda jadikan pilihan sebagai cara detox alami yang murah dan enak. Buah dan sayur sangat mudah Anda dapatkan sekaligus menyegarkan saat dikonsumsi. Kandungan serat, vitamin, dan berbagai nutrisi lain yang berguna untuk tubuh dapat membantu Anda melakukan detox alami untuk diet.

Cara detox alami untuk diet menggunakan sayur dan buah bisa Anda lakukan dengan dua cara, yakni :

  • Mengonsumsi dalam bentuk mentah (Raw Diet). Cara ini akan mengantarkan Anda pada pola makan buah dan sayur dalam bentuk mentah. Bukan hanya buah dan sayur, pola raw diet juga termasuk di dalamnya terdapat kacang dan biji-bijian mentah. Ini merupakan salah satu cara detox usus secara alami.
  • Mengonsumsi dalam bentuk jus atau konsentrat. Jika Anda merasa terbebani dengan cara diet dengan detok yang mengharuskan Anda mengonsumsi buah dan sayur mentah dalam jumlah yang banyak, Anda bisa mengakalinya dengan mengubah wujud buah dan sayur dicampurkan dalam bentuk jus atau konsentrat, sehingga acara makan buah dan sayur Anda bisa lebih ringan dan tentunya dengan rasa yang lebih nikmat juga.
  1. Air Lemon Setiap Pagi

cara membuat air lemon untuk detox

Cara detox alami tubuh juga dapat kamu support dengan mengonsumsi air lemon setiap pagi ketika kondisi perut masih kosong. Lemon, sebagai buah yang kaya manfaat ini dapat mendetoksifikasi racun dari dalam tubuh, menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, dan melancarkan sistem pencernaan.

Cara membuat air lemon untuk detox sangat mudah, pada malam sebelumnya, Anda bisa merendam potongan-potongan tipis buah lemon dalam jar berisi air putih, lalu diamkan semalaman. Air lemon ini kemudian bisa Anda minum saat pagi harinya. Atau Anda juga bisa membeli termos air minum yang dilengkapi dengan saringan untuk menempatkan teh atau buah-buahan, sehingga cara detox alami dengan air lemon bisa lebih praktis Anda bawa kemanapun Anda beraktivitas.

  1. Berpuasa

Nah, ternyata berpuasa selain sebagai ibadah, juga bisa menjadi cara detox tubuh secara alami juga, lho. Cara detox alami menggunakan prinsip istirahat tubuh. Dimana selama berpuasa, asupan makanan akan lebih sedikit dari biasanya, sehingga tubuh bisa beristirahat dari proses metabolisme rumit yang melelahkan. Pada waktu inilah, tubuh akan merefresh dan memulihkan sistem metabolisme dalam tubuh.

Detox alami untuk diet ini dapat Anda lakukan 1-2 kali dalam seminggu. Poin penting yang harus Anda ingat adalah setelah masa puasa selesai, Anda harus tetap menjaga asupan makanan yang masuk, pastikan makanan tersebut sehat dan tidak berlebih ya.

  1. Aktivitas Fisik

Sebagai penyempurna cara detox alami tubuh, sebaiknya Anda melakukan beragam aktivitas fisik yang memicu produksi keringat. Anda dapat melakukan olahraga secara rutin, baik di rumah maupun ke gym dengan instruktur profesional. Anda tidak perlu melakukan aktivitas fisik dengan intensitas tinggi jika tidak memungkinkan.

Anda bisa berolahraga ringan seperti jalan santai, senam, aneka gaya pemanasan dan pendinginan setiap pagi, baik turun tangga, atau lebih memilih berjalan kaki daripada berkendara motor (asal jaraknya memungkinkan), dapat membuat sirkuasi darah Anda lebih ringan dan pengeluaran toksin dari dalam tubuh akan lebih mudah. Aktivitas fisik bisa menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit Anda dalam 1 minggu selama program diet juga, lho.

Baca juga : 

 

Kelima cara detox alami di atas terlihat mudah dan simpel untuk dilakukan ya. Namun, Anda perlu ingat bahwa ekspekstasi seringkali berbeda dengan realita ya. Ingat, tidak ada proses detoks alami yang instan. Semoga bermanfaat !