Berbahayakah Kebiasaan Minum Soft Drink dan Soda Untuk Kesehatan?

Bahaya kebiasaan minum soft drink – Mungkin kita terkadang bertanya – tanya, berbahayakah kebiasaan minum soft drink atau minuman bersoda bagi kesehatan? Minuman soft drink telah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia. Tidak sedikit orang yang sering mengkonsumsi minuman soft drink atau minuman bersoda karena memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Soft drink mengandung soda serta biasanya memiliki kandungan kalori yang tinggi. Selain kandungan kalori yang tinggi, softdrink juga memiliki kandungan kafein. Soft drink juga merupakan minuman orang barat yang memiliki sifat menyegarkan dan tidak memberikan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Bahaya kebiasaan minum soft drink

Oleh karena itu, untuk Anak – anak tidak dianjurkan untuk minum soft drink secara berkelanjutan karena asupan nutrisi tidak didapatkan dengan minuman bersoda atau soft drink. Oleh karena itu sebaiknya minuman soft drink atau minuman bersoda tidak di konsumsi secara terus menerus, karena tidak memberikan nutrisi yang diperlukan terutama untuk pertumbuhan anak. Bagi orang dewasa, mengkonsumsi soft drink secara terus menerus sangat tidak dianjurkan oleh para dokter gizi.

Bahaya kebiasaan minum soft drink dan soda bagi anak

Soft drink yang mengandung kafein jika dikonsumsi sering oleh si anak dapat menimbulkan gejala stress. Kandungan kafein serta gula yang tinggi dapat menurunkan kadar vitamin B pada tubuh sehingga akan menimbulkan efek strees pada anak.

Info Terkait :   Tips Agar Mata Tidak Cepat Lelah Saat Menggunakan Laptop Atau Gadget

Selain memiliki kandungan kafein, soft drink biasanya memiliki kandungan kalori yang tinggi. Mengkonsumsi minuman soft drink secara terus menerus dapat meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh. Jumlah kalori yang tidak terbakar di dalam tubuh dapat menyebabkan kegemukan pada si anak. Kegemukan pada anak dapat memicu berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Tentu para ibu tidak menginginkan hal ini terjadi pada si buah hati.

Akibat minum soda terlalu banyak

1. Masalah ginjal
Akibat minum soda terlalu banyak dapat mengakibatkan beberapa masalah pada organ vital terutama ginjal.  Mulai gangguan gejala gangguan ginjal sampai gagal ginjal bisa saja terjadi, tentu ini sangat mengerikan.

2. Hipertensi
Jika dikonsumsi secara terus menerus, minuman soft drink yang mengandung soda serta kafein tinggi dapat menimbulkan hipertensi atau darah tinggi. Kandungan kafein menjadi pemicu tekanan darah menjadi naik.

3. Gangguan jantung
Detak jantung tidak teratur diakibatkan oleh kadar fruktosa yang tinggi pada minuman bersoda.

4. Kecerdasan menurun
Minum soft drink bersoda dapat membuat kecerdasan  menurun karena kandungan sukrosa serta pemanis buatan yang ada di dalamnya.

5. Gangguan dehidrasi
Jika terlalu sering mengkonsumsi soft drink bersoda bahkan sampai mengganti peran air putih, maka bisa menimbulkan kondisi dehidrasi yang kronis pada tubuh. Hal ini akan memicu penyakit lain yang tidak di inginkan.

Info Terkait :   4 Pola Kebiasaan Buruk Saat Hamil Yang Perlu Di Hindari

6. Meningkatkan kolestrol
Bahaya minum soft drink dan air bersoda lainnya adalah minuman tersebut dapat mengakibatkan kadar kolestrol tinggi pada seseorang jika dikonsumsi secara teratur.

7. Gigi keropos
Mengkonsumsi minuman soft drink dan minuman soda lainnya dapat menimbulkan keropos pada gigi. Kandungan gula dan asam pada minuman soda menjadi pemicu gigi keropos.

8. Diabetes
Kandungan gula yang tinggi pada minuman softdrink dan minuman bersoda dapat membuat kadar gula darah menjadi naik. Hal ini dapat meningkatkan potensi penyakit diabetes.

Meskipun begitu, beberapa softdrink memiliki kandungan vitamin C yang berguna bagi tubuh. Hal yang terpenting adalah tidak minum soft drink dalam intensitas sering atau menjadi sebuah kebiasaan. Nah itulah beberapa bahaya kebiasaan minum soft drink bagi tubuh dan semoga bermanfaat bagi kita semua agar lebih berhati – hati menjaga kesehatan dengan tidak sembarangan mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman kemasan yang bisa membahayakan tubuh.

Related For Berbahayakah Kebiasaan Minum Soft Drink dan Soda Untuk Kesehatan?