Menu

Berapa Sih Berat Badan Anak Usia 6 Tahun?

loading...

Khusus bagi Anda yang memiliki anak berusia 6 tahun pasti bertanya – tanya, berapa sih berat badan anak usia 6 tahun? Nah artikel kali ini kita akan membahas masalah berat badan ideal pada putra putri Anda. Hal ini penting agar kita bisa mengetahui perkembangan dan pertumbuhan anak dan tentunya mengetahui kondisi kesehatan putra – putri Anda.

Mempunyai buah hati yang sehat secara fisik dan emosional adalah dambaan bagi setiap orang tua. Bagaimana pun seorang anak adalah titipan Tuhan yang harus dijaga dengan baik. Anak berhak mendapatkan pendidikan dan perawatan yang baik, salah satunya mengenai kesehatan anak.

Di zaman yang semakin modern ini, perhatian dan perkembangan orang tua tentang kesadaran kesehatan anak-anaknya semakin berkembang. Tidak heran jika ada orang tua yang sampai rutin memeriksa kesehatan putra putrinya ke dokter guna mengetahui perkembangan dan pertumbuhan anaknya baik atau tidak.

berat badan anak usia 6 tahun

Banyak sekali orang tua yang khawatir akan pertumbuhan anak-anaknya. Mereka khawatir apakah anaknya sudah tumbuh dengan baik atau belum. Salah satu kesehatan anak yang sering menjadi problem bagi orang tua adalah masalah bobot atau berat badan anak. Berat badan ideal pada anak sangat penting untuk diketahui demi pertumbuhannya kelak.  Tetapi, betapa susahnya ketika sang anak di usia 6 tahun yang umumnya kebanyakan dari mereka lebih aktif untuk bermain-main dan tidak mau diganggu dalam bermain sehingga anak tersebut susah untuk disuruh makan. Hal ini juga dikarenakan mengingat banyaknya faktor-faktor lain yang dapat menghambat pertumbuhan anak.

Diantaranya adalah makanan atau jajanan anak yang mengandung bahan-bahan atau zat-zat yang berbahaya bagi pertumbuhan anak. Selain itu kurangya asupan nutrisi, gizi, serta vitamin pada anak. Selain itu pola istirahat anak yang kurang. Di usia 6 tahun anak akan senang untuk bermain-main dan terhanyut dalam duniannya sehingga lupa untuk beristirahat ( tidur siang) ataupun makan siang.

Info Terkait :   Tips sehat Atasi Serangan Jantung Koroner Dengan Tomat!

Baca juga : Tips Agar Mata Tidak Lelah Saat Menggunakan Laptop Atau Gadget

Faktor sang anak yang malas makan tentu akan berdampak pada berat badan sang buah hati. Walaupun faktor ini bukan faktor satu-satunya yang dapat menghambat keseimbangan dalam berat badan anak, namun kekurangan asupan gizi sang anak adalah faktor yang utama dan penting. Memang benar kalau faktor genetik juga ikut berperan di dalam membentuk keseimbangan berat tubuh ideal anak. Akan tetapi, alangkah lebih bijaksananya ketika orangtua lebih mementingkan faktor asupan gizi anak dan mengesampingkan sejenak faktor keturuanan sang anak.

Di samping itu, Kebutuhan kalori harian anak usia 6 tahun menurun berhubungan dengan ukuran tubuh, dan rata-rata membutuhkan 2.400 kalori perhari. Banyaknya anak yang tidak menyukai sayuran hijau, biasanya 1 jenis makanan, salah satu makanan yang disukai orang tua mempunyai peranan penting di dalam mempengaruhi pilihan anak terhadap makanan.

Untuk mengukur apakah seorang anak sudah tumbuh dengan baik atau belum adalah dengan dengan mengukur berat badan pada anak. Dengan mengukur berat tubuh pada anak maka dapat kita ketahui berapa berat badan rata-rata pada anak sesuai usianya.

Idealnya berat badan normal pada anak akan bertambah seiring dengan penambahan tinggi badan. Di samping itu, bentuk tubuh yang proporsional akan tumbuh dan berkembang sejalan dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu, penambahan berat tubuh yang ideal pada anak dapat berubah-ubah setiap waktunya. Begitu pula patokan berat badan ideal wanita sesuai usia mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Untuk mengetahui apakah seorang anak sudah tumbuh dengan baik atau belum adalah dengan mengukur berat badan, tinggi badan dan juga lingkar kepalanya. Semua faktor ini biasanya dihubungkan dengan grafik pertumbuhan.

loading...

Namun sering sekali kita menemukan fenomena ibu atau orang tua yang menganggap atau merasa anaknya terlalu kurus. Padahal jika kita lihat dalam grafik pertumbuhan sebenarnya anak tersebut tidak kurus. Grafik pertumbuhan tersebut memberikan panduan pada orangtua mengenai berat badan yang ideal pada anak sesuai dengan usianya.

Info Terkait :   Rahasia Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Anda

Dari Kidshealth, Senin (30/8/2010) grafik pertumbuhan ialah salah satu standar setiap pemeriksaan, serta untuk melihat atau memantau bagaimana pola tinggi dan berat badan badan anak dari waktu ke waktu.

Misalnya anak yang tumbuh dengan baik sampai ia berusia 2 tahun, kemudian tiba-tiba pertumbuhannya melambat. Hal ini bisa diketahui melalui grafik pertumbuhan serta kemungkinan mengindikasikan masalah kesehatan.

Baca juga :

Beberapa faktor disinyalir turut mempengaruhi berat serta tinggi badan seorang anak, seperti genetik, usia, jenis kelamin, nutrisi, aktivitas fisik yang dilakukan anak, lingkungan, kesehatan dan hormon. Namun satu hal yang pasti tidak ada dua anak yang tumbuh pada tingkat yang sama, karena setiap anak memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Selain itu pada tahap usia remaja terkadang dapat juga berat badan anak turun ataupun justru naik dengan cepat.

Obesitas pada anak merupakan salah satu masalah yang penting, karena jumlahnya semakin meningkat. Oleh karena itu sangat penting untuk orangtua guna selalu memantau berat tubuh dan juga tinggi badan anak, serta usahakan agar berat badan anak masih termasuk ke dalam range normal.

Berat badan yang ideal pada anak tentu tergantung dari usia, tinggi badan, dan jenis kelamin. Berat badan anak usia 6 tahun tentu saja berbeda dengan berat anak usia 10 tahun. Berat badan anak dengan tinggi 70 cm juga dapat berbeda dengan seorang anak dengan berat badan dan tinggi badan 110 cm misalnya. Berat badan antara anak lelaki dan perempuan pun akan berbeda pula. Jadi, orangtua atau ibu yang memiliki hubungan lebih dekat dengan anak sebaiknya jangan menyamaratakan tanpa melihat faktor-faktor tersebut.

Info Terkait :   Fungsi Organ Ginjal, Komplikasi Penyakit Dan Bisakah Hidup Dengan Satu Ginjal?

Dari beberapa sumber yang bisa di percaya, berat badan ideal anak mempunyai spesifikasinya masing-masing. Untuk sekedar contoh berat badan anak usia Sekolah Dasar (SD) pada perempuan berumur 6 tahun yakni  20.95 kg, 7 tahun yaitu 22.95 kg, 8 tahun adalah 25.94 kg dan 9 tahun adalah 28.93 kg,

Berikut ini adalah berat badan normal anak usia 6 tahun :

Jenis Kelamin Underweight Normal Bawah Ideal Bawah Ideal Ideal Atas Normal Atas Overweight
L 14.063 kg 15.87 kg 17.996 kg 20.514 kg 23.517 kg 27.129 kg 31.508 kg
P 13.471 kg 15.274 kg 17.465 kg 20.164 kg 23.541 kg 27.845 kg 33.448 kg
  • Berat badan normal anak 6 tahun berbeda antara anak laki-laki dan perempuan.
  • Anak yang berada antara batas normal bawah dan batas normal atas (Laki-laki: 15.87 s/d 23.517 kg / Perempuan: 15.274 s/d 23.517 kg) termasuk dalam berat badan normal sesuai usianya.
  • Anak yang beratnya berada di bawah batas normal bawah (Laki-laki: < 15.87 kg / Perempuan : < 15.274 kg ) termasuk golongan underweight (berat badan kurang)
  • Anak dengan berat yang berada di bawah nilai underweight (Laki-laki: < 14.063 kg / Perempuan: < 13.471 kg) harus mendapat penanganan dari dokter (besar kemungkinan terjadi gizi buruk).
  • Anak dengan berat berada di atas batas atas normal termasuk pada overweight (Laki-laki: > 27.129 kg / Perempuan: > 27.845 kg) (kelebihan berat badan). Lakukanlah diet untuk menurunkan berat badan.
  • Anak yang beratnya berada di atas nilai overweight (Laki-laki: > 31.508 kg / Perempuan: > 33.448 kg) harus diwaspadai sebagai gejala obesitas

Bisa disimpulkan bahwa rata – rata tinggi badan anak usia 6 tahun adalah 112,5 cm dan rata-rata BB anak usia 6 tahun mencapai 21 Kg.

loading...

Related For Berapa Sih Berat Badan Anak Usia 6 Tahun?