Apa Penyebab Kepala Pusing Saat Berolah Raga? Cari tahu Disini!

loading...

Olah raga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kebugaran tubuh kita. Tetapi tak jarang kita temui saat olah raga kepala kita menjadi pusing atau vertigo. Nah, kira – kira apa penyebab kepala pusing saat berolah raga?

Screenshot_29

Saat berolah raga terkadang kita malah merasakan kepala pusing bahkan bisa lebih parah lagi yakni tubuh menjadi lemas dan pingsan. Kondisi tersebut dapat disebabkan karena darah mengumpul di kaki saat kita berdiri, kepanasan atau tiba – tiba kita menghentikan olah raga secara mendadak.

loading...

Perlu diketahui juga, bahwa semakin bugar tubuh kita maka akan semakin mungkin untuk mengalami kepala pusing atau kepala terasa berputar. Hal ini karena olah raga dapat meningkatkan ukuran ventrikel pada jantung tetapi mengurangi aliran darah balik ke jantung setelah kita berdiri lama.

Menurut pakar fisiologi manusia dari Universitas Oregon, Christopher Minson, saat darah kembali ke jantung hanya sedikit, darah tersebut ditambahkan oksigen dan menyebabkan otak tidak menyukainya. Oleh karena itu beberapa saat kepala akan terasa pusing. Selain itu, dehidrasi dan rendahnya kadar gula dalam darah juga dapat menyebabkan rasa pusing atau bahkan bisa pingsan.

Nah, untuk mencegah kejadian tersebut, maka setelah berolah raga sebaiknya kita tetap bergerak, misalnya berjalan dengan santai. Dengan melakukan ini maka darah akan terdorong untuk kembali ke jantung.

Info Terkait :   Efek Luar Biasa Air Putih Bagi Otak Kita

Selain itu Anda dapat melakukan gerakan melenturkan bagian paha ataupun betis dan hindari beristirahat dengan duduk dan minum. Jika Anda sering mengalami masalah pusing saat berolah raga, sebaiknya bisa dikonsultasikan kepada dokter agar lebih jelas apa penyebab dan bagaimana cara menanganinya.

Terima kasih terlah membaca artikel Apa Penyebab Kepala Pusing Saat Berolah Raga? Cari tahu Disini!, semoga bermanfaat bagi kita semua.

loading...

Related For Apa Penyebab Kepala Pusing Saat Berolah Raga? Cari tahu Disini!