Apa Itu Diet Paleo? Bagaimana Cara Menjalankannya? Cari Tahu Disini!

Apa itu Diet Paleo? Diet Paleo adalah metode diet yang mengharuskan para pelakunya untuk menjalankan pola makan seperti manusia yang hidup di zaman purba. Mungkin ini terdengar lucu, namun begitulah kenyataanya, kita diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan dari bahan – bahan asli atau alami. Dengan cara diet paleo, kita tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi jenis – jenis makanan modern seperti saat ini. Makanan tersebut meliputi berbagai jenis makanan fast food dan junkfood. Berbagai jenis bahan makanan yang diolah juga tidak boleh kita konsumsi saat menjalankan diet paleo. Termasuk gula pasir, garam yang telah dihaluskan dan lain – lain.

Panduan Diet Paleo
Saat menjalankan diet ini, kita juga tidak boleh mengkonsumsi nasi maupun roti apalagi makanan yang di olah terlebih dahulu, seperti daging olahan, makanan kemasan dan lain – lain. Selain itu kita tidak boleh mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi serta tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan dengan garam olahan (garam halus) namun bisa dengan menggunakan garam yang masih berbentuk kristal atau batu. Untuk gula bisa menggantinya dengan madu agar rasa makanan bisa lebih manis.

Menu dan bahan makanan yang diperbolehkan untuk diet paleo

Menu atau bahan makanan yang bisa dikonsumsi saat menjalankan diet paleo adalah makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi dan lemak yang baik seperti dibawah ini :

Info Terkait :   Diet Paleo Vs Diet Atkins, Mana Yang Paling Cocok Untuk Kamu?

Sayur – sayuran :

Kangkung, bayam, brokoli, wortel, kol. lobak, singkong, biji – bijian, buncis

Daging :

Daging sapi, kambing, kalkun, ayam kampung, ikan, telur ayam kampong

Buah :

Alpukat , sawo, tomat

Baca juga : Cara Menurunkna Berat Badan Dalam Seminggu

Menu dan bahan makanan yang tidak diperbolehkan dalam diet  Paleo

Diet paleo mengharuskan seseorang untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi seperti nasi. Kita tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi nasi karena merupakan salah satu bahan makanan yang diolah terlebih dahulu dan berkarbohidrat tinggi.  Sebagai gantinya kita bisa mengkonusmsi umbi – umbian seperti singkong dan sedikit kentang.

Selain itu kita harus menghindari makanan – makanan dibawah ini :

  • Makanan kemasan (makanan kaleng, makanan yang dikemas di dalam plastik)
  • Nasi / roti
  • Makanan cepat saji (fastfood / junkfood)
  • Makanan yang terlebih dahulu diolah seperti sosis
  • Makanan dengan kandungan gula yang tinggi
  • Gandum
  • Susu

Cara menjalankan diet paleo

Cara menjalankan diet paleo yakni dengan membuat berbagai menu makanan dengan bahan – bahan makanan sesuai dengan apa yang diperbolehkan dalam metode diet paleo.  Kita bisa membuat olahan dari berbagai jenis sayuran seperti wortel yang dipotong kecil – kecil sesuai dengan selera masing – masing untuk dibuat tumis dengan campuran sayuran yang lain misal kangkung atau bayam yang ditumis dengan sedikit minyak.

Info Terkait :   Point Penting Diet Paleo, Tidak Dianjurkan Untuk Jangka Panjang?

Untuk menggunakan minyak sebaiknya sedikit saja atau kita menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti minyak biasa. Berikan garam kristal yang telah dipecah – pecah sendiri, kemudian tumis sampai matang. Sajikan tanpa nasi putih. Kita bisa menambahkan telur ayam kampung sebagai menu diet paleo.

Kelebihan dan kekurangan diet paleo

Kelebihan Diet paleo

Diet paleo dapat menurunkan beat badan secara bertahap. Diet ini juga mengharuskan kita untuk aktif berolah raga sehingga berat badan akan turun semakin cepat. Selain itu, dengan diet paleo, kebugaran tubuh kita akan terjaga karena kita menghindari berbagai jenis makanan modern yang banyak mengandung lemak yang tidak baik serta gula yang tinggi.

Kekurangan diet paleo

Diet paleo dapat membuat kita kekurangan garam jika kita terus melakukan pola diet ini. Kekurangan garam pada tubuh tentu tidak baik juga bagi tubuh. Kandungan protein dalam tubuh berlebihan sebagai akibat kita mengganti makanan yang mengandung karbohidrat dengan makanan yang mengandung protein.