7 Tips Mengecilkan Lingkar Perut Serta Dampaknya Bagi Kesehatan Kita

loading...

diet olah raga

Mengecilkan lingkar perut demi mendapatkan badan sehat haruslah kita lakukan. Pasalnya perut dengan lingkaran berlebih pada orang yang gemuk ternyata meningkatkan resiko tinggi akan penyakit stroke dan jantung koroner. Hal ini tak lain karena adanya kelainan metabolisme pada tubuh yang mengakibatkan gangguan pada pembuluh darah. Untuk itulah kita perlu mengetahui 7 tips mengecilkan lingkar perut ini yang dapat berdampak pada kesehatan tubuh kita.

Di usia pertengahan (sekitar 40 tahun) merupakan masa dimana perut kita bertambah buncit. Untuk ukuran pria Asia ukuran lingkar perut normal yakni tidak lebih dari 90 cm. Sedangkan bagi wanita Asia tidak lebih dari 80 cm yang diukur melingkar setinggi pusar. Peningkatan diatas nilai lingkar normal tersebut akan sejalan dengan peningkatan insidensi berbagai gangguan metabolisme. Misalnya penyakit gula, diabetes, kolestrol tinggi, tekanan darah tinggi serta gangguan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit stroke dan jantung koroner.

Sejak usia 20 tahun, metabolisme yang tadinya bersifat membangun dalam tubuh kita mulai berangsur berubah menjadi metabolisme yang mendatar, melambat dan akhirnya merombak ketika memasuki usia senja. Metabolisme yang merombak ini mengakibatkan menurunnya masa otot serta tulang dan peningkatan timbunan lemak pada tubuh kita khususnya di daerah perut, daerah sekitar jantung dan usus. Penimbunan lemak dibawah kulit ini yang dapat menyebabkan perut kita buncit.

Info Terkait :   Tetap Sehat Dengan Diet Sayur Dan Buah Tanpa Nasi
loading...

Tips Mengecilkan Lingkar Perut

1. Hindari daging bergajih

Hindari makanan dengan dengan kandungan kalori tinggi. Misalnya daging dengan gajihnya. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan bergajih.

2. Pilih makanan kalori rendah

Memilih makanan yang mengandung kalori rendah seperti sayur – sayuran. Sayuran sangat baik bagi tubuh terutama pencernaan kita karena banyak mengandung serat.

3. Isi piring dahulu dengan sayuran rendah kalori

Jika Anda ingin makan, maka isilah terlebih dahulu piring dengan sayuran sehingga Anda akan lebih sedikit dalam mengambil nasi serta lauk yang kurang baik dalam pengecilan perut Anda.

4. Sebelum makan, minum air putih dahulu

Sebelum makan minumlah air putih terlebih dahulu karena akan menurunkan nafsu makan.

5. Makanan tinggi kalori cukup konsumsi sedikit saja

Memakan makanan kesukaan Anda yang memiliki kandungan kalori tinggi sebaiknya Anda konsumsi sedikit saja. Kurangi makanan berkalori tinggi, hal ini harus Anda lakukan demi kesehatan dan pengecilan lingkar perut Anda.

6. Pangkas makanan bagian lemaknya.

Jika Anda memakan makanan yang berlemak seperti gorengan dengan tepung, atau misalnya ayam goreng tepung, maka singkirkanlah bagian tepung, kulit dan gajihnya.

7. Mengunyah makanan perlahan – lahan

Kunyahlah makanan perlahan – lahan, jangan terburu – buru agar organ – organ pencernaan dapat bekerja secara maksimal dan proses pencernaan Anda juga sempurna.

Info Terkait :   8 Tips Melangsingkan Tubuh Dengan Cepat

Itulah 7 tips mengecilkan lingkar perut untuk mendapatkan badan kita lebih sehat terhindar dari berbagai penyakit. Jika Anda benar – benar ingin mengecilkan perut maka disiplinlah dalam menerapkannya, semoga bermanfaat.

loading...

Related For 7 Tips Mengecilkan Lingkar Perut Serta Dampaknya Bagi Kesehatan Kita