6 Khasiat Pepaya Muda Yang Tidak Banyak Orang Mengetahuinya

Khasiat Pepaya Muda – Buah pepaya sangat akrab dalam keseharian kita sebagai buah yang menyegarkan dan memiliki rasa yang manis. Biasanya kita mengkonsumsi buah pepaya masak yang ditandai dengan warna orange kemerahan. Buah pepaya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, cocok untuk menghilangkan rasa haus dan dahaga, meskipun kandungan airnya tidak sebanyak buah lain seperti semangka.

Khasiat pepaya muda

Pepaya muda tidak kalah bergizinya dengan pepaya yang telah masak. Pepaya muda biasanya memiliki warna putih dan buahnya masih cukup keras. Pepaya muda memiliki kandungan A, C, B dan E serta memiliki kandungan potasium serta magnesium.

Pepaya muda memiliki khasiat membuat perut  nyaman karena kandungan enzim papain serta chymopapain. Meskipun pepaya muda memiliki khasiat yang baik untuk pencernaan, namun buah pepaya yang masih muda ini tidak dianjurkan untuk ibu yang sedang mengalami masa – masa awal kehamilan.

Untuk lebih jelasnya, berikut 6 khasiat pepaya muda yang perlu Anda ketahui :

1. Membantu pencernaan
Dengan mengkonsumsi pepaya muda ini, kita akan terhindar dari gangguan perut kembung karena adanya enzim papain serta chymopapain. Kedua enzim ini akan membuat organ pencernaan semakin baik dan optimal saat bekerja.

2. Menghindari gangguan infeksi,  flu dan batuk
Pepaya muda berkhasiat untuk membuat sistem kekebalan tubuh kita meningkat karena memiliki kandungan penting sperti vitamin A, B, C dan E yang akan membantu dalam mengusir berbagai virus dan bakteri yang akan menyerang tubuh.

3. Menyembuhkan sembelit
Konstipasi atau sembelit terjadi karena gangguan organ pencernaan kita.  Pepaya muda akan membantu mengatasi sembelit karena kandungan enzim papain. Enzim papain pada pepaya muda jauh lebih banyak daripada yang terkandung dalam pepaya yang telah matang. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pepaya muda daripada pepaya masak saat mengalami konstipasi atau sembelit.

4. Membersihkan organ usus
Mengkonsumsi jus pepaya muda dapat menghilangkan segala kotoran yang ada pada usus. Kotoran akan hilang dengan kita mengkonsumsi jus pepaya muda. Kotoran dalam usus ini tentunya harus dibuang agar organ usus dalam mencerna dan menyerap sari – sari makanan dapat berlangsung maksimal.

5. Membantu meningkatkan ASI Ibu
Pepaya muda dapat membantu produksi air susu ibu sehingga para ibu tidak perlu kawatir lagi akan kekurangan produksi asi untuk si buah hati.

6. Sebagai pelindung infeksi di saluran kemih
Mengkonsumsi pepaya muda dapat menghilangkan bakteri di saluran kemih. Untuk itu sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi pepaya muda agar bakteri di saluran kemih segera hilang.

 

Khasiat lain pepaya muda

Selain 6 manfaat utama dari pepaya muda diatas, sebenarnya pepaya muda juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting untuk kesehatan tubuh.

Berikut khasiat lain dari pepaya muda :

  1. Memiliki kandungan vitamin D dan B Kompleks yang baik untuk tubuh
  2. Dapat mengobati penyakit tifus
  3. Mengobati insomnia serta hypersomnia
  4. Mencegah radang sendi dan Gout
  5. Dapat mencegah anemia karena kandungan zat besinya
  6. Berkhasiat untuk perkembangan tulang dan gigi karena mengandung fosfor
  7. Mencegah kekurangan gizi dan busung lapar
  8. Memiliki kandungan kalium dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh
  9. Memperkuat daya ingat khususnya mereka yang berusia lanjut

Baca juga :

 

Itulah 6 khasiat pepaya muda dan manfaat lainnya yang perlu kita ketahui bersama. Pepaya muda memang tidak semanis pepaya masak, namun jika kita ingin mendapatkan manfaat dan khasiatnya, tidak salah untuk mencoba mengkonsumsinya.