5 Asupan Zat Makanan Yang Harus Ada Saat Kita Diet

Menurunkan berat badan dengan cara diet sering dilakukan banyak orang demi mendapatkan kembali tubuh yang langsing dan ideal. Beberapa metode diet menganjurkan untuk tidak mengkonsumsi suatu jenis makanan yang mengandung zat tertentu, seperti garam, minyak, lemak dan lain – lain.

Asupan zat makanan yang harus terpenuhi saat diet

Alangkah baiknya jika kita akan melakukan program diet atau menurunkan berat badan harus benar – benar memahami akan kebutuhan nutrisi bagi tubuh dimana beberapa zat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme.

Beberapa zat tersebut sebaiknya jangan sampai kita hilangkan dari makanan yang kita konsumsi. Zat – zat tersebut sangat berguna bagi tubuh, nah apa saja asupan zat makanan yang sebaiknya ada untuk kita konsumsi saat kita menjalankan diet?

1. Serat

Serat membuat perut kita lebih kenyang dalam waktu yang relatif lama, sehingga dapat membantu dalam mengatasi keinginan untuk mengkonsumsi cemilan yang biasanya ada di depan mata kita. Serat ini sangat baik dalam membantu proses sistem pencernaan. Menurut beberapa studi, serat juga dapat menurunkan resiko obesitas. Serat dapat kita dapatkan melalui buah – buahan, sayur – sayuran, maupun biji – bijian. Diet kita akan terbantu dengan mengganti beberapa cemilan atau makanan yang banyak mengandung gula dan garam dengan buah – buahan atau sayur – sayuran.

Artikel terkait : 5 Tips Diet Alami Dan Menyehatkan

Info Terkait :   Ini Dia Menu Diet Sehat Yang Harus Anda Coba!

2. Vitamin D dan Kalsium

Vitamin D dan kalsium merupakan paduan yang sempurna dalam memperkuat tulang. Selain itu, kedua zat ini juga berperan dalam melenturkan otot – otot dalam tubuh sehingga sangat berguna bagi para olah ragawan.

Sumber utama dari vitamin D dan Kalsium dapat kita jumpai pada susu dimana dengan kita mengkonsumsi secara rutin, maka dapat lebih menjaga berat badan kita dan memiliki tulang serta otot yang sehat dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi susu. Ini merupakan hasil penelitian dari Johns Hopkins Bloomberg School.

3. Lemak ‘baik’

Lemak yang baik ini dapat kita temui pada berbagai zat makanan dari kacang – kacangan, ikan, alpukat serta coklat. Menurut studi yang dilakukan oleh jurnal Appetite, mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak baik dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Tentu makanan tersebut membantu menahan rasa lapar lebih lama saat kita menjalankan program diet.

4. Protein

Selain lemak baik dan serat, kandungan makanan dengan protein tinggi juga akan membuat perut kita kenyang lebih lama. Menurut penelitian di tahun 2009, mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dapat lebih mengenyangkan daripada tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi.

Beberapa makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi adalah ikan, daging ayam serta daging sapi.

5. Air

Menurut penelitian dari Stanford Prevention Research Center, minum air putih secara rutin dapat menurunkan berat badan kita dan membantu program diet kita sehingga sangat dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi air putih.

Info Terkait :   Cara Memasak Dan Mengolah Kentang Untuk Menu Diet

Berikut artikel mengenai air putih :

Air putih juga sangat dibutuhkan oleh tubuh guna proses metabolisme tubuh. Keberadaan air putih tidak dapat tergantikan. Diet kita akan lebih terbantu dengan kita rajin mengkonsumsi air putih, terutama sebelum makan.

Sumber : kompas.health

Related For 5 Asupan Zat Makanan Yang Harus Ada Saat Kita Diet